Cara Agar Penyimpanan Tidak Penuh

Cara Mengatasi Memori Hp Penuh Dengan Mudah dan Cepat

Jagoweb.id – Setiap memori memiliki kapasitas dan kapasitasnya itu beragam, menurut ukurannya kapasitas memori yang terkecil seperti 1 Binary digit (b) sampe ke yang terbesar Roentbyte , memori internal HP sekarang ini umumnya memiliki kapasitas 10gb, 16gb dan 32 gb.

Nah dengan kapasitas segitu kita tetap merasa kurang memenuhi kebetuhan kita, mulai dari terinstalnya aplikasi game, data-data kerja, foto, video dan lain sebagainya membuat kita merasa bahwa penyimpan tersebut sangat lah kecil, umumnya disiasati dengan menambah memori eksteranal, tapi tetap saja kurang.

Dampak yang diberikan apabila memori hp itu penuh adalah pada kinerja dari hp tersebut yang membuat hp jadi lemot, aplikasi tidak bisa dibuka, kerusakan sistem dan lain sebagainya.

Nah untuk itu dikesempatan ini kita akan membahas gimana caranya supaya memori penyimpanan HP itu tidak penuh.

Cara Agar Penyimpanan Tidak Penuh

Hal – hal yang bisa kita lakukan untuk membuat memori penyimpan ini tetap tersedia banyak adalah dengan,

1. Memindahkan Foto, Video, Musik

Langkah pertama yang bisa kalian lakukan adalah memindahkan file-file kalian ke Memori Eksternal, Seperti musik, foto, dan video, kalian setting juga pada aplikasi camera kalian, agar setiap kali memfoto atau merecord video itu akan tersimpan di memori eksternal. Nah hal ini adalah salah satu solusi agar memori internal hp kalian tidak cepat penuh.

Caranya cukup mudah, kalian hanya perlu ke pengelola file > Cari Folder Foto, Video dan Musik > Tahan File > Pilih Cut / Move> Pindahkan ke Memori External.


2. Hapus Cache Aplikasi

Langkah selanjutnya kalian bisa menghapus cache aplikasi, cache adalah suatu proses yang dipakai oleh browser dan juga aplikasi guna menyimpan informasi. Disaat kalian menghapus history, pasti terdapat kalimat “Bersihkan Cache”. Contohnya di Chrome, kalau kalian ingin menghapus history jelajah kalian, kalian akan diberikan pilihan untuk kemudian menghapus gambar serta file yang disimpan di dalam cache. Proses tersebut umumnya digunakan untuk melindungi privasi ataupun untuk menghemat ruang penyimpanan.

Kalian bisa mengikuti caranya pada artikel ini  : Cara Membersihkan RAM Android


3. Hapus Data Aplikasi Offline Youtube

Meneruskan tahapan no 2, Aplikasi offiline juga merupakan aplikasi yang menyediakan konten baik itu yang berupa gambar, video, artikel dan juga musik yang bisa dinikmati secara offline dan karna offline maka tentu memakai memori internal hp kalian, jadi kalian bisa mengapus data offline youtube, caranya sebagai berikut :

  1. Buka aplikasi YouTube.
  2. Lalu buka Profil Anda di sudut kanan atas.
  3. Lalu pilih menu Pengaturan > Unduhan > Hapus Unduhan.
  4. Selain itu, bisa juga dengan buka menu Library (Perpustakaan) pada pojok kanan bawah.
  5. Buka menu Unduhan, akan terlihat daftar video offline.
  6. Selanjutnya, buka icon tiga titik disebelah video yang ingin dihapus.
  7. Pilih menu Hapus dari Unduhan
  8. Lakukan hal tersebut satu persatu pada setiap video.

4. Hapus Aplikasi yang Tidak Diperlukan

Semakin banyak kapasitas memori, tentu akan semakin banyak juga aplikasi yang terinstal, dan karna banyaknya aplikasi yang terinstal itu membuat kita jarang membuka aplikasi tersebut bahkan dalam jangka waktu yang lama, oleh karna itu hapus aplikasi yang tidak kamu butuhkan, Caranya menghapus aplikasi di hp sebagai berikut :

  1. Buka menu Pengaturan.
  2. Lalu pilih Setelan > Manajemen Aplikasi.
  3. Kemudian cari aplikasi yang hendak dihapus.
  4. Setelah itu tap Hapus Instalasi.
  5. Aplikasi telah dihapus

Kalian juga bisa menghapus aplikasi bawaan pabrik, artikelnya di : Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Yang Tidak Bisa Di Uninstall


Demikianlah ulasan tentang Cara Mengatasi Memori Hp Penuh Dengan Mudah dan Cepat.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Dibuka di HP Android
Baca Juga :  Mudah Dan Praktis, Menghapus Tulisan Di Video Lewat HP
Baca Juga :  Cara Mengubah WhatsApp Android Menjadi iPhone
/* */
error: Content is protected !!