Cara Agar Komputer Tidak Lemot

Cara Agar Komputer Tidak Lemot

Jagoweb.id –  Perkembangan teknologi kini mengharuskan kita untuk ikut mengikuti perkembangan teknologi tersebut, sekarang banyak sekali game pc membutuhkan spek yang juga mumpuni agar dapat memainkan game tersebut tanpa kendala, nah masalahnya tidak semua dari kita sanggup untuk memaksimalkan spek pc atau laptop agar memainkan game tersebut. Walaupun bisa memainkan game tersebut kendala yang umum terjadi adalah game jadi lag, sering force close, not responding dan lain sebagainya.

Cara Agar Komputer Tidak Lemot

Untuk itu dikesempatan ini jagoweb.id akan memberikan sedikit tips agar kalian bisa memainkan game kalian dengan lebih baik dari sebelumnya, walaupun kalau ingin lebih maksimal lagi kita dituntut untuk meningkatkan spek pc kita, tapi ada baiknya kalau kita mencoba hal-hal dibawah ini :

Tips Main Game Berat di PC atau Lapto Low

Dibawah ini merupakan langkah-langkah yang bisa kalian terapkan di pc atau laptop kalian, diantaranya :

1. Mengubah Ke Mode High Performance

Mode high performance di windows ini berguna untuk meningkatkan kinerja dari CPU dan akan berefek membuat pc atau laptop jadi lebih stabil dan cepat, tetapi kalau kalian memakai laptop maka penggunaan baterai akan lebih cepat terkuras habis, oleh karna itu ada baiknya kalian melepas baterai laptop kalian, cara untuk mengaktifkan mode high performance sebagai berikut :

  1. klik kanan pada ikon baterai di taskbar / control panel > system and Security
  2. lalu klik Power Options.
  3. pilih high performance

2. Hindari Multitasking yang Berlebihan

Apabila kalian menyadari bahwa spek pc kalian itu ada dibawah minimum spek yang dibutuhkan untuk bermain game berat, maka tentu kita harus memastikan bahwa tidak ada aplikasi lain juga yang berjalan, karna pasti akan mempengaruhi kinerja pc atau laptop kita.

oleh karna itu disaat kalian ingin memainkan game pc yang berat ada baiknya kalian close semua aplikasi yang tidak kalian gunakan, agar kinerja pc atau laptop kalian jadi lebih maksimal.


3. Hindari Suhu Panas Yang Berlebihan

Hal yang mempengaruhi kinerja pc atau laptop lainnya adalah suhu, suhu yang panas tentu akan membuat pc atau laptop kita berkurang performanya, jadi kalian harus sering-sering membersihkan pc atau laptop kalian dari debu, menggunakan pasta untuk professor dalam jangka waktu tertentu, menutup aplikasi yang tidak terpakai, dan masih banyak lagi.

Nah jadi sebelum memainkan game yang berat di pc atau laptop kalian, ada baiknya kalian biar kan istirahat dulu pc atau laptop kalian, dan mainkan game pc kalian.


4. Gunakan Mode Adjust for the Best Penformance

Dengan menggunakan mode ini akan berefek pada mempercepat performa pc, hal ini dilakuakan dengan cara menonaktifkan visual effect dan lain sebagainya.

  1. Langkah pertama klik computer kemudian klik kanan properties
  2. klik advanced system settings
  3. klik tab advanced
  4. klik setting pada menu performance
  5. pilih adjust for best permonfance

5. Bersihkan PC atau Laptop Kalian Dari File Sampah

Kalian bisa menggunakan aplikasi cleaner untuk membersihkan file sampah yang menumpuk di pc atau laptop kalian, karna hal ini juga jadi salah satu faktor penyebab pc atau laptop kalian jadi berat.

File sampah yang dimaksud adalah seperti temporary files, caches, dan berbagai jenis junk files lainnya dan kita juga harus rutin membersihkan file sampah ini, dengan aplikasi ccleaner ini kalian bisa menghapus semua file sampah dengan lebih mudah lagi


6. Menghapus Backup Windows Update

Hal lain yang bisa dilakukan ialah menghapus backup dari windows update yang kalian gunakan. File backup ini sudah tidak dibutuhkan lagi, jadi kalau kalian biarkan begitu saja lama kelamaan jadi menempuk dan membuat pc atau laptop kalian jadi lemot. Apabila kalaian ingin menghapus file bakcup yang ada di pc atau laptop kalian bisa dengan cara dibawah ini :

  1. Tuliskan disk cleanup pada kolom pencarian.
  2. Pilih drive yang akan di analisis, misalnya locak disk C.
  3. Setelah itu kalian klik oke serta tunggu sampai hasilnya muncul.
  4. File yang akan kalianhapus bisa diberi tanda ceklis, Terakhir, klik OK.

7. Gunakan Game booster

Game booster adalah software yang berguna untuk memaksimal kinerja pc kalian, fokus pada Game Booster ini adalah memfokus pada 1 program yang kalian pilih, jadi penggunaan sumber daya pc atau laptop kalian jadi lebih terarah.

Ada banyak sekalian software booster kalian gunakan untuk memaksimalkan kinerja pc atau laptop kalian saat bermain game.

Nah demikianlah tips yang bisa kalian coba di dalam memaksimalkan kinerja PC atau laptop kalian, Terima kasih

Baca Juga :  Cara Mengatasi Driver Power State Failure
Baca Juga :  6 Cara Mengatasi Hotspot Tidak Terdeteksi Di Laptop Dan Penyebabnya
Baca Juga :  Cara Mengurangi Kecerahan Pada Komputer dan Laptop
/* */
error: Content is protected !!