Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi Dan Penyebabnya

Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

Jagoweb.id – Keyboard laptop tidak berfungsi, padahal Keyboard menjadi salah satu komponen terpenting yang wajib ada di laptop ataupun pc, sebab keyboard ini sarana yang membantu kita untuk mengetik dan juga sebagai shortcut.

keyboard-laptop-tidak-berfungsi

Apabila kamu pengguna komputer mungkin bisa dengan mudah mengatasi keyboard tidak terdeteksi seperti membeli keyboard yang baru, namun bagaimana kalau keyboard laptop tidak berfungsi, tentunya ini menjadi permasalahan yang cukup besar meskipun di setiap laptop ada alternatif keyboard rusak yaitu dengan menggunakan fitur virtual keyboard namun tidak akan senyaman saat menggunakan keyboard bawaan.

Oleh karena itu pada artikel kali ini akan dibahas tentang cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi entah itu di windows 7, 8, 10 atau 11 karena penyebab atau pun cara mengatasi keyboard tidak berfungsi itu kurang lebih sama, penjelasannya sebagai berikut :


Penyebab Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

keyboard-laptop-tidak-berfungsi

Tentunya kenapa keyboard laptop tidak berfungsi ini disebabkan oleh beragam faktor, dan keyboard laptop tidak berfungsi ini bermacam – macam jenisnya misalnya seperti salah satu tombol keyboard laptop tidak berfungsi, ada juga yang semua tombol keyboard tidak berfungsi, dan penyebabnya sebagainya berikut :

1. Ada kotoran kecil di keyboard

Salah satu hal yang menjadi penyebab keyboard laptop tidak berfungsi, ada karena ada kotoran seperti debu, sisa makan, dan untuk bisa mengatasi hal ini kamu hanya perlu membersihkan keyboard laptop kamu,

Dan Untuk membersihkan keyboard laptop caranya cukup mudah, kamu hanya perlu memiringkan laptop dengan sudut kurang lebih 75 derajat dan goyangkan secara lembut juga perlahan.


2. Masalah pada perangkat lunak

Penyebab keyboard laptop tidak berfungsi selanjutnya adalah ada masalah pada perangkat lunak. Untuk mengatasi hal ini kamu hanya perlu merestart laptop kamu. Dan apabila kamu masih bisa mematikan laptop menggunakan tombol Start secara normal, maka silahkan matikan laptop kamu. Namun, bila hal itu tidak memungkinkan, maka kamu bisa tekan tombol power selama 5 detik atau lebih max 15 detik untuk mematikan laptop secara paksa.


3. Restore sistem

Penyebab keyboard laptop tidak berfungsi yang ketiga adalah karena ada masalah dengan restore sistem pada laptop. Untuk mengembalikan fungsi keyboard laptop ini dapat kamu lakukan dengan mudah.

  1. Hanya dengan melakukan klik tombol Start,
  2. Setelah itu klik Control Panel.
  3. Selanjutnya, klik “Back up your computer” di bawah heading ada “System and Security”.
  4. Setelah itu klik “Recover system settings or your computer”,
  5. Setelah itu klik “Open System Restore”.
  6. Jika sudah reboot laptop.

Dan apabila penyebab masalah pada keyboard kamu terletak pada sistem, maka seharusnya keyboard kamu sudah berfungsi dengan baik.


4. Ada Problem Pada Driver Keyboard

Penyebab keyboard laptop tidak berfungsi selanjutnya adalah karena ada masalah pada driver keyboard. Untuk memastikannya, kamu bisa dengan memeriksa apakah driver keyboard berjalan dengan baik atau tidak pada pengaturan “Device Manager”.

  1. Device Manager ini bisa kamu akses dari “Control Panel”.
  2. Selanjutnya , klik “System and Security”.
  3. Lalu, klik “Device Manager” di bawah heading terdapat “System”.
  4. Di Device Manager ini kamu akan menemukan drivers dari semua perangkat keras di dalam laptop.
  5. Setelah itu, klik “keyboard” dan kamu akan menemukan keyboard driver laptop.

Dan jika kamu melihat segitiga berwarna kuning dengan tanda seru, maka keyboard driver itu sedang bermasalah. Oleh karena itu, untuk mengatasi hal tersebut kamu bisa mengunjungi situs web produsen laptop untuk mencari driver terbaru.


5. Pengaturan yang tidak kompatibel

Penyebab keyboard laptop tidak berfungsi selanjutnya adalah karena terjadi pengaturan yang tidak kompatibel. Pada saat keyboard laptop tidak berfungsi sebagian tentu akan membuat kita frustasi dan stres, apalagi jika kita sedang sangat membutuhkan untuk mengerjakan pekerjaan. Hal tersebut terkadang dipengaruhi oleh penggunaan atau sistem yang kurang berjalan dengan baik.


Diatas adalah hal – hal umum yang menjadi penyebab dan cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi dengan baik, untuk tahap selanjutnya adalah :

Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

keyboard-laptop-tidak-berfungsi

Jika langkah – langkah diatas belum membantu ataupun belum menjadi solusi dari pemasalahan keyboard laptop tidak berfungsi, kamu bisa ikuti langkah – langakh berikut ini :

1. Cek Num Lock

Cara memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi adalah dengan cara mengecek tombol Num Lock. Karena salah satu penyebab keyboard tidak berfungsi dengan baik secara tiba-tiba itu kadang datang dari kesalahan pengguna laptop sendiri.

Yaitu dikarenakan kamu secara tidak sengaja mengaktifkan fitur Num Lock. Fungsi Num Lock adalah untuk mengkonversi bagian keyboard utama yang berperan sebagai keypad numerik.

Saat Num Lock aktif, maka hampir sebagian keyboard itu tidak akan berfungsi dengan normal. Untuk menonaktifkan Num Lock, kamu dapat menekan tombol Fn serta kombinasikan dengan tombol “NumLk” secara bersamaan. Tetapi, hal ini juga tergantung dengan jenis atau model keyboard laptop yang kamu pakai.


2. Ganti Layout Keyboard

Apabila cara memperbaiki keyboard laptop tidak berfungsi diatas tadi masih belum menyelesaikan masalah keyboard laptop kamu, maka mungkin penyebab kerusakan keyboard terjadi pada layout-nya. Masalah yang terjadi pada layout dapat menyebabkan keyboard masih berfungsi sebagian, tetapi huruf yang ditekan itu tidak sesuai dengan yang muncul pada layar

Untuk bisa memperbaiki settingan layout yang mungkin saja berubah, kamu dapat mengikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

  1. Klik Start Menu
  2. Searching “Language” pada kolom pencarian
  3. Pilih bahasa yang ingin kalian gunakan
  4. Pilih Options, setelah itu pastikan tulisan “US QWERTY” yang terletak pada bagian bawah Keyboards pada halaman berikutnya
  5. Selanjutnya kalian bisa hapus beberapa layout keyboard yang tidak dibutuhkan

3. Konektor Terlepas

Dan cara memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi selanjutnya adalah kamu hanya perlu dengan menginstal driver. Tetapi, apabila keyboard laptop masih rusak serta belum terdeteksi penyebabnya, mungkin kamu dapat mengecek konektor yang terdapat di komponen keyboard.

Konektor keyboard yang renggang, lepas, tertekuk, tentu saja dapat membuat keyboard laptop tidak berfungsi dengan normal. Untuk bisa memastikan konektor keyboard itu sedang bermasalah atau tidak, kamu dapat membongkar keyboard disarankan untuk pergi ke orang yang ahli untuk hal ini.


4. Lepas Baterai Laptop

Mereset laptop dipercaya bisa memperbaiki beberapa masalah yang terjadi pada laptop, salah satunya keyboard laptop tidak berfungsi. Dengan cara ini, bisa jadi keyboard laptop yang tidak berfungsi tadi akan berfungsi kembali. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Matikan laptop
  2. Tunggu beberapa saat, lepas adaptor serta baterai laptop, lalu diamkan selama 2-3 menit.
  3. Di dalam posisi baterai lepas, tekan tombol power selama 1 menit
  4. Setelah itu, masukkan kembali baterai laptop, serta nyalakan

5. Menggunakan On Screen Keyboard

Apabila dalam keadaan yang urgent atau terdesak kamu bisa menggunakan virtual keyboard, program ini bisa kamu jadikan sebagai alternatif jika keyboard kamu tidak berfungsi dalam keadaan urgent, kamu hanya perlu pergi ke Start Menu > Program > Accessories > Accessibility, lalu pilih On Screen Keyboard.

Walaupun menggunakan virtual keyboard ini tidak senyama saat kamu menggunakan keyboard biasa tentunya hal ini akan membantu kamu sesaat dan dalam keadaan tertentu.


6. Gunakan Keyboard USB atau wireless

Sikysu sekabhytbta yang bisa kamu lakukan saat keyboard laptop tidak berfungsi dengan baik adalah dengan menggunakan keyboard USB. Karena dengan menyambungkan kabel USB Keyboard atau Wireless ke laptop kamu sudah bisa langsung menggunakannya dan cocok juga dijadikan sebagai alternatif keyboard laptop tidak berfungsi.


7. Ganti Keyboard Bawaan

Apabila sudah memastikan konektor keyboard tidak terlepas, namun keyboard laptop tetap tidak berfungsi, cara lain adalah dengan mengganti keyboard bawaan. Hal ini merupakan cara terakhir yang bisa kamu lakukan, kamu bisa membeli secara online keyboard laptop dan menggantinya sendiri, ataupun bawa ketempat service.

Apabila asuransi laptopnya sudah hangus, tak ada salahnya mencoba segala macam bantuan teknisi komputer untuk bisa memperbaikinya. Perlu untuk diingat, di dalam proses service, sebaiknya kamu juga ikut serta untuk memperhatikan penyebab mengapa keyboard tersebut rusak. Setidaknya dengan kamumengetahui penyebab pastinya, kalian sudah dapat mengetahui apa saja hal – hal yang perlu dilakukan.


Itulah ulasan singkatan tentang Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi dan Penyebabnya, kami berharap apa yang disampaikan dapat bermanfaat untuk anda. Terima kasih sudah membaca artikel ini sampai akhir.

Baca Juga :  Cara Memperbaiki WiFi Laptop Yang Tidak Bisa Connect
Baca Juga :  14 Aplikasi Downloader Terbaik dan Gratis Selain IDM
Baca Juga :  Cara Mengubah Android Menjadi Joystick Komputer Tanpa Kabel
/* */
error: Content is protected !!