6 Cara Mengatasi Hotspot Tidak Terdeteksi Di Laptop Dan Penyebabnya

Hotspot Tidak Terdeteksi Di Laptop

Jagoweb.id – Terdapat beberapa alasan kenapa hotspot kita tidak terdeteksi di laptop, tentunya perkara hotspot hal ini akan menghambat perkerjaan ataupun aktivitas kita, mengingat perkembangan teknologi sekarang membuat kita membutuhkan koneksi internet untuk mencari jawaban, untuk mengirim file dan lain sebagainya.

Hotspot Tidak Terdeteksi Di Laptop

Oleh karena itu pada artikel kali ini akan dibahas tentang cara mengatasi hotspot tidak terdeteksi ataupun hotspot tidak terdekteksi di laptop atau pc, namun sebelum kita memperbaiki hal tersebut ada baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu apa saja sih hal – hal yang membuat hotspot tidak bisa terdeteksi, selengkapnya sebagai berikut :


Penyebab Kenapa Hotspot Tidak Terdeteksi Di Laptop

Adapun masalah utama yang membuat hotspot tidak terbaca diantaranya :

  1. Hotspot tidak terdeteksi / terbaca di jaringan WiFi laptop
  2. Ada tanda Loading yang lama pada tanda WiFi dan sinyal laptop
  3. Password tidak mau terhubung walau Hotspot terdeteksi di laptop
  4. Ada tanda seru warna kuning di ikon sinyal WiFi laptop

Masalah diatas adalah masalah paling umum yang terjadi dan tentunya untuk bisa mengatasi hal tersebut kamu bisa ikuti langkah – langkah dibawah ini :

Hotspot HP tidak terdeteksi di laptop

Untuk kendala pertama , kemungkinan terbesar sumber masalahnya ada pada settingan atau pengaturan WiFi di laptop ataupun hotspot di HP Anda. Contohnya karena WiFi laptop belum diaktifkan, hotspot bisa karena diluar jangkauan, jumlah sambungan yang di diizinkan, ataupun pengaturan yang salah pada hotspot yang ada di hp kamu.

Untuk mengaktifkan WiFi laptop kamu, silhakan kamu tekan FN+F3 atau klik ikon WiFi yang ada di layar laptop Anda. Setelah itu pastikan posisi HP serta laptop tidak berjauhan agar jangkauan sinyalnya lebih kuat. Setelah itu apabila  belum bisa, silahkan kamu ganti settingan hotspot di HP dari moda putih ke mode normal, atau pun ganti AP band pita frekuensi dari 5.0 GHz ke 2.4 GHz.


Ada tanda Loading yang lama pada tanda WiFi dan sinyal laptop

Masalah ini umumnya muncul disaat kamu ingin menghubungkan hotspot HP untuk yang kedua kalinya. terdapat beberapa penyebabnya seperti:

  1. Password hotspot di HP sudah diganti tapi laptop masih membaca password yang lama.
  2. Ada 2 hotspot yang aktif dari dua HP berbeda tapi dengan nama yang sama.

Untuk kendala yang satu ini terdapat dua kemungkinan yang bisa terjadi, yaitu password yang dimasukan salah, yang kedua karena limit pada jumlah jaringan yang bisa terhubung ke hotspot.

Jadi apabila kamu mengalami masalah diatas, kamu hanya perlu pastikan terlebih dahulu kalau password yang kamu masukan sudah benar. Setelah itu coba periksa settingan ataupun pengaturan hotspot HP Anda, ubah koneksi maksimal hotspot (jumlah sambungan yang diizinkan) sesuai dengan yang kamu mau. Apabila yang kamu pilih “2”, itu artinya hanya 2 perangkat yang bisa terhubung dengan hotspot.


Muncul tanda seru warna kuning dan koneksi menjadi lemot

Apabila pada ikon WiFi laptop ada tanda seru berwarna kuning, bisa jadi HP kamu kehabisan kuota atau paket data. Selain dari itu, masalah ini pun dapat terjadi karena kesalahan input IP address manual pada laptop. Untuk bisa mengatasi masalah ini, silahkan ikuti langkah – langkah dibawah:

  1. Buka control panel di laptop Anda
  2. Pilih tab network and internet
  3. Pilih tab network and sharing center
  4. Pilih nama hotspot untuk mulai melakukan setting IP address
  5. Klik tab properties
  6. Pilih internet protocol version 4 (TCP/IPv4) lalu klik properties
  7. Kosongkan IP address lalu pilih Obtain an IP Address automatically
  8. Selesai klik OK, Restart

6 Cara Mengatasi Hotspot Tidak Terdeteksi Di Laptop

Hotspot Tidak Terdeteksi Di Laptop

Beberapa penyebab diatas adalah penyebab yang paling umun, setelah kita tahu penyebabnya berikut ini Cara mengatasi hotspot tidak terdeteksi di laptop.

1. Restart Ulang Perangkat

Untuk bisa cara mengatasi yang pertama kamu coba untuk merestart semua perangkat terlebih dahulu sebelum kamu menyambungkanya kembali. Kelihatanya memang ini sepele namun kemungkinan besar dapat membantu mengatasi hotspot tidak terdeteksi di laptop.


2. Tingkatkan Kecepatan Internet Hp

Cara mengatasi hotspot tidak terdeteksi di laptop selanjutnya adalah dengan meningkatkan koneksi internet hp terlebih dahulu. Apabila memang sinyal hp kamu sedikit bermasalah seperti gangguan, lemot sebaiknya jangan kamu pakai untuk hotspot terlebih ke laptop.

Untuk bisa meningkatkan koneksi internet kamu dapat mencari tempat yang lebih mendapatkan sinyal, atau kalau memungkin silahkan ganti kartu sim. Sebab dengan memakai kartu sim atau provider yang lebih baik tentunya koneksi internet tidak lemot lagi.


3. Usahakan Untuk Tidak Menggunakan  Kata Sandi Hotspotnya

Berikutnya kamu dapat menghilangkan kata sandi ataupun pengaman pada hotspot hp kamu. Disebabkan karena pada beberapa kasus pengaman ini justru menyebabkan kendala seperti itu contohnya password yang ribet membuat salah saat memasukan password.

Oleh karena itu saya sarankan untuk tidak memakai opsi jaringan terbuka ataupun tanpa sandi biar lebih mudah.

  1. Pertama buka pengaturan.
  2. Pilih jaringan.
  3. Pilih opsi hotspot, hidupkan dan pilih set up hotspot.
  4. Pada opsi keamanan pilih tidak ada.
  5. Selesai

4. Cek Wireless Adapter

hotspot tidak terdeteksi di laptop ini bukan juga karena kesalahan dari hp saja tapi bisa juga karena laptopnya, Karena apabila wireless adapter laptop kamu bermasalah, tentunya bisa menyebabkan laptop kamu tidak bisa membaca sinyal hotspot.

Cara menyambungkan hotspot hp ke laptop yang tidak terbaca selanjutnya adalah dengan cara mengecek wireless adapter, dan untuk mengeceknya disarankan jangan dilakukan sendiri.

Apabila kamu seorang yang sudah paham ataupun tahu akan cara membongkar laptop kamu dapat melakukanya sendiri, tetapi sebaliknya, jika kamu tidak tahu sama sekali maka jangan kamu lakukan cara ini.


5. Nyalakan Opsi Perbaikan Otomatis

Pada windows 10 ada beberapa opsi perbaikan otomatis, dan kamu dapat memanfaatkan fitur ini untuk bisa membantu mengatasi hotspot yang tidak terdeteksi.

  1. Pertama kamu tekan tombol Windows+i.
  2. Pilih opsi Troubleshoot.
  3. Berikutnya pilih Internet Connections Troubleshooter .
  4. Terakhir klik Run the troubleshooter.

6. Reset Pengaturan Jaringan Hp

Untuk bisa mengatasi masalah hotspot tidak terdekteksi di laptop yang terakhir adalah dengan cara mereset pengaturan jaringan hp kamu. Dan cara ini bisa dibilang cara yang paling bagus untuk bisa mengatasi hotspot tidak terdeteksi di laptop. Caranya sebagai berikut :

  1. Pertama pilih pengaturan.
  2. Pilih menu reset.
  3. Pilih reset jaringan jangan pilih reset pabrik.
  4. Ikuti langkah berikutnya.

Istilah Hotspot Tidak Terdeteksi

Ada beberapa beberapa istilah lain diantaranya

Hotspot HP Tidak Tersambung Di Laptop?

Terdapat banyak penyebabnya, seperti WiFi laptop itu belum diaktifkan, hotspot berada di diluar jangkauan disebabkan karena jarak HP serta laptop itu cukup jauh, atau pengaturan yang salah di hotspot pada hp kamu. Untuk bisa mengaktifkan WiFi laptop kamu , cukup tekan FN+F3 atau pun klik ikon WiFi di layar laptop kamu.

Kenapa WiFi No Internet Di Laptop?

WiFi yang mengalami no internet access, dapat disebabkan karena beberapa hal seperti dari salah setting router, salah setting atau pengaturan Windows, sampai gangguan jaringan dari provider-nya itu sendiri.

Kenapa Hotspot No Internet Secured?

Pada dasarnya kita memakai koneksi WiFi yang aman di rumah/kantor. Jadi, apabila kamu mendapatkan notifikasi kesalahan seperti “no internet, secured” hal ini mungkin disebabkan karena konfigurasi IP yang salah/tidak valid. Mungkin kamu perlu mengubah settingannya.


Itulah pembahasan singkat tentang 6 Cara Mengatasi Hotspot Tidak Terdeteksi Di Laptop Dan Penyebabnya, kami berharap apa yang diuraikan dapat bermanfaat untuk anda, terima kasih sudah membaca artikel ini sampai akhir.

Baca Juga :  Cara Menjadikan Kamera HP Sebagai Webcam PC atau Laptop
Baca Juga :  6 Cara Supaya Windows Tidak Update Secara Otomatis
Baca Juga :  9 Aplikasi Pembuat Cover Buku Atau Sampul di PC & Smartphone
/* */
error: Content is protected !!