Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Dibuka di HP Android

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Dibuka di HP Android

Aplikasi Tidak Bisa Dibuka di HP Android

Cara mengatasi aplikasi yang tidak bisa dibuka di android merupakan topik yang akan di bahas kali ini, ada banyak sekali faktor yang menyebabkan hal ini terjadi di hp android kalian.

Aplikasi sendiri merupakan bagian penting bagi smartphone, aplikasi ini di buat untuk menunjang kebutuhan kalian dalam menggunakan smartphone.

Aplikasi smartphone ini ada yang bawaan pabrik dan juga yang ditambahkan oleh penggunanya, tapi ternyata tidak semua nya bisa berjalan dengan mulus.

Pasalnya aplikasi yang terinstal di smartphone itu tidak bisa terbuka, umumnya pesan error yang muncul seperti “Sayangnya, aplikasi telah berhenti” “Not Responding” dan masih banyak lagi.

Oleh karena itu di kesempatan ini akan di ulas bagaimana Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Dibuka di HP Android, tapi sebelum itu ada beberapa penyebab Aplikasi itu tidak terbuka di HP atau smartphone kalian.


Penyebab Aplikasi Di Android Tidak Bisa Dibuka

Penyebab-Aplikasi-Di-Android-Tidak-Bisa-Dibuka

Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan aplikasi itu tidak bisa berjalan sebagai mestinya alias tidak bisa terbuka dan ada pesan error, umumnya penyebab aplikasi tidak terbuka di android adalah :

  1. Memori RAM Penuh
  2. File Cache Numpuk
  3. Memori Penyimpanan Penuh
  4. Ada Bug Pada Sistem dan Aplikasi
  5. Aplikasi Tidak Suport di Smartphone

Memori Ram Penuh

Memori Ram Penuh bisa menjadi salah satu faktor yang menyebabkan suatu aplikasi itu tidak berjalan sebagai mestinya.

Memori Ram yang penuh ini terjadi karna banyak aplikasi yang berjalan di belakang sistem atau sistem berjalan dengan membuka banyak aplikasi (Multitasking) hal ini berdampak pada aplikasi itu tidak terbuka.


File Cache Numpuk

File Cache adalah file sampah dari aplikasi, cache ini merupakan proses penyimpanan data sementara pada sistem, hal ini membuat jika kalian membuka suatu aplikasi maka tidak butuh waktu lama.

Nah hal ini kadang diabaikan oleh kebanyakan pengguna smartphone, padahal apabila menumpuk juga akan mengurangi kinerja smartphone kalian.


Memori Internal Penyimpanan Penuh

Memori Internal ini merupakan tempat dimana aplikasi terinstall, jadi semakin sedikit kapasitas dari memori ini tentu akan menggangu kinerja dari smartphone kalian, bahkan bisa menyebabkan aplikasi itu tidak berjalan normal.

Oleh karena itu ada baiknya gunakan memori eksternal untuk menyimpan foto dan video serta dokumen dan biarkan memori internal untuk install aplikasi.


Ada Bug Pada Sistem dan Aplikasi

Bug Pada sistem dan aplikasi ini juga sering kali muncul, hal ini terjadi karena os yang tidak di update dan juga untuk aplikasi bisa terjadi karna ada file yang hilang atau semacamnya.

Oleh karena itu penting juga bagi kalian memperhatikan sistem os kalian tetap up to date.


Aplikasi Tidak Suport di Smartphone

Aplikasi Tidak Suport Dengan Smartphone juga bisa menyebabkan aplikasi itu tidak berjalan normal, pasalnya beberapa game dan aplikasi keluaran sekarang ini membutuhkan OS yang juga terbaru.

Itulah salah satu yang menyebabkan aplikasi tidak berjalan normal bahkan tidak bisa terbuka di smartphone kalian.


Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Dibuka di HP Android

cara-mengatasi-aplikasi-yang-tidak-bisa-dibuka-di-android

Setelah mengetahui penyebab dari aplikasi tidak bisa terbuka di android, maka dibawah ini merupakan cara mengatasi aplikasi yang tidak bisa terbuka, penjelasannya sebagai berikut :

Untuk bisa memperbaiki aplikasi yang tidak dapat terbuka, langkah pertam yang bisa kalian harus diantaranya

1. Restart HP

Restart Hp adalah hal yang paling mendasar disaat terjadi kesalahan pada hp, restart hp ini berguna untuk mengembalikan kondisi awal sistem seperti semula.

Jadi ada baiknya untuk melakukan langkah pertama ini, lalu coba buka aplikasi itu lagi. kalau masih belum bisa lanjut ke tahap berikutnya.


2. Bersihkan Cache Aplikasi

Seperti yang dijelaskan diatas bahwa cache ini merupakan data sementara dari aplikasi yang kalian pakai sebelumnya.

Kalian bisa menghapus cache yang ada di aplikasi kalian, dan coba membuka aplikasi yang tidak bisa dibuka itu lagi.

Cara hapus cache sangat mudah kalian hanya perlu ke Pengaturan > Pengaturan Lanjutan (kalau ada) > Pengelola Aplikasi > Tap pada aplikasi yang tidak bisa terbuka > pilih hapus cache


3. Bersihkan Data Aplikasi

Nah kalau hapus cache masih tidak bisa kalian bisa menghapus data aplikasi, data aplikasi ini merupakan data dari aplikasi yang apabila kalian hapus maka saat kalian membuka aplikasi itu lagi akan langsung mendownload data ulang.

Cara hapus data aplikasi sangat mudah kalian hanya perlu ke Pengaturan > Pengaturan Lanjutan (kalau ada) > Pengelola Aplikasi > Tap pada aplikasi yang tidak bisa terbuka > pilih hapus data


4. Update Sistem Android

Sistem android yang tidak di update (perbaharui) juga bisa menyebabkan aplikasi itu tidak bisa terbuka atau ada pesan error, oleh karena itu kalian bisa memperbaharui sistem android kalian di pengaturan hp kalian.

Caranya tidak jauh berbeda di semua hp kalian hanya perlu ke pengaturan lalu pembaruan sistem.


5. Install Ulang Aplikasi

Langkah ke 5 yang bisa kalian coba apabila aplikasi masih tetap tidak bisa terbuka adalah Uninstal lalu instal kembali aplikasi tersebut.

Apabila kalian menggunakan aplikasi yang kalian download di browser seperti aplikasi yang di modifikasi, coba kalian instal aplikasi resminya.


6. Factory Reset HP

Ini merupakan langkah terakhir yang bisa kalian lakukan, factory reset ini berguna untuk mengembalikan smartphone seperti semula lagi.

Tidak ada aplikasi yang terinstall dan sebagainya, alias semua data di hapus dengan metode factory reset ini, jadi sebelum kalian mem factory reset hp kalian, ada baiknya jika kalian membackup terlebih dahulu data penting kalian.

Cara factory reset sebagai berikut

factory Reset Jagoweb

  1. Masuk ke Pengaturan Hp Android kalian
  2. Setelah itu pilih dan tap Pengaturan Lainnya (jika ada)
  3. Lalu pilih Tentang Ponsel
  4. Lalu Pilih Cadangkan dan Reset
  5. Selanjutnya silahkan kalian pilih Hapus Semua Data.
  6. Selanjutnya kalian klik ok sampai hp kalian kembali menyala lagi, dan pastikan baterai kalian tidak dalam posisi low.

Nah itulah penjelasan mengenai Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Dibuka di HP Android.

Baca Juga :  Download Netflix Mod Apk Premium / VIP Unlocked V8.49.0 Terbaru
Baca Juga :  Mengatasi This Video File Cannot Be Played Error Code 224003
Baca Juga :  Cara Print Dari HP Ke Komputer
/* */
error: Content is protected !!