Apa Fungsi Otot Lurik Bagi Tubuh Manusia?

Pengertian Otot Lurik

Otot lurik adalah jenis otot yang terdapat pada tubuh manusia dan hewan vertebrata lainnya. Otot ini merupakan jenis otot yang paling umum ditemukan pada tubuh manusia. Otot lurik juga dikenal dengan sebutan otot rangka karena terhubung dengan tulang rangka dan memungkinkan gerakan tubuh manusia. Otot lurik berbentuk serabut-serabut yang bergerak dengan cara kontraksi dan relaksasi.

Fungsi Utama Otot Lurik

Otot lurik memiliki beberapa fungsi utama bagi tubuh manusia. Berikut ini adalah beberapa fungsi utama otot lurik:

1. Gerakan Tubuh

Salah satu fungsi utama otot lurik adalah untuk memungkinkan gerakan tubuh manusia. Otot lurik bekerja dengan cara kontraksi dan relaksasi untuk menggerakkan tulang rangka dan bagian tubuh lainnya. Dengan adanya otot lurik, manusia dapat melakukan berbagai macam gerakan seperti berjalan, berlari, melompat, dan mengangkat benda-benda berat.

2. Menjaga Postur Tubuh

Otot lurik juga berperan dalam menjaga postur tubuh manusia. Otot-otot tertentu bekerja untuk menopang tulang belakang dan menjaga tubuh tetap tegak. Tanpa otot lurik yang kuat, tubuh manusia akan cenderung terjatuh atau membungkuk.

3. Menjaga Keseimbangan

Otot lurik juga berfungsi untuk menjaga keseimbangan tubuh manusia. Otot-otot di kaki dan perut bekerja sama untuk menjaga tubuh tetap seimbang saat berdiri atau berjalan. Jika otot-otot ini lemah, seseorang dapat mengalami masalah keseimbangan dan mudah terjatuh.

4. Perlindungan Organ Dalam

Otot lurik juga berfungsi untuk melindungi organ-organ dalam tubuh manusia. Contohnya, otot perut melindungi organ-organ pencernaan seperti lambung, usus, dan hati. Selain itu, otot dada juga melindungi organ-organ vital seperti jantung dan paru-paru.

Baca Juga :  Royal Canin Halal atau Haram: Pilihan Makanan Hewan yang Layak

5. Pencernaan Makanan

Otot lurik juga berperan dalam proses pencernaan makanan di dalam tubuh manusia. Otot-otot di saluran pencernaan berkontraksi untuk mendorong makanan melalui saluran pencernaan, sehingga makanan dapat dicerna dengan baik dan nutrisi dapat diserap oleh tubuh.

6. Peredaran Darah

Otot lurik juga berfungsi dalam peredaran darah di dalam tubuh manusia. Otot jantung adalah otot lurik yang memiliki fungsi khusus untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Tanpa otot jantung yang berfungsi dengan baik, peredaran darah dalam tubuh akan terganggu dan dapat menyebabkan masalah kesehatan serius.

Kesimpulan

Otot lurik memiliki fungsi penting bagi tubuh manusia. Dengan adanya otot lurik, manusia dapat melakukan berbagai macam gerakan, menjaga postur tubuh, menjaga keseimbangan, melindungi organ dalam, mencerna makanan, dan menjaga peredaran darah. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menjaga kesehatan otot lurik melalui olahraga teratur, pola makan sehat, dan gaya hidup yang seimbang.

/* */
error: Content is protected !!