Perbedaan Shock Belakang Vixion dan R15

Diposting pada

Pendahuluan

Motor sport Yamaha Vixion dan R15 merupakan dua jenis motor yang populer di Indonesia. Kedua motor ini memiliki desain yang sporty dan performa yang tangguh. Namun, ada perbedaan yang mencolok antara keduanya terutama pada bagian shock belakang. Dalam artikel ini, kita akan membahas perbedaan tersebut dengan lebih detail.

Shock Belakang Vixion

Vixion menggunakan tipe shock belakang tipe monocross. Monocross adalah sistem suspensi tunggal yang dikembangkan oleh Yamaha. Sistem ini memiliki satu titik tunggal untuk pengendalian suspensi belakang. Keunggulan dari sistem ini adalah memberikan kenyamanan dan stabilitas saat berkendara. Shock belakang Vixion juga memiliki pengaturan preload yang memungkinkan pengendara untuk menyesuaikan kekerasan suspensi sesuai dengan kebutuhan.

Shock belakang Vixion menggunakan suspensi jenis tabung gas, yang memiliki keunggulan dalam penyerapan guncangan saat melewati jalan berlubang atau tidak rata. Suspensi tabung gas juga memberikan kestabilan ekstra pada saat bermanuver dalam kecepatan tinggi. Dengan menggunakan suspensi tabung gas, Vixion memberikan kenyamanan dan performa yang baik pada berbagai kondisi jalan.

Shock Belakang R15

R15 juga menggunakan tipe shock belakang tipe monocross yang sama dengan Vixion. Namun, terdapat perbedaan pada pengaturan suspensi R15. Suspensi belakang R15 lebih keras dibandingkan dengan Vixion. Hal ini dikarenakan R15 dirancang dengan fokus pada performa dan kestabilan saat bermanuver dengan kecepatan tinggi.

Shock belakang R15 juga menggunakan suspensi tabung gas yang memberikan penyerapan guncangan yang baik pada permukaan jalan yang buruk. Dengan suspensi yang lebih keras, R15 memberikan kestabilan yang lebih baik saat melaju dengan kecepatan tinggi dan saat melakukan pengereman tiba-tiba.

Baca Juga :  Perbedaan Mio Sporty dan Mio CW: Mana yang Lebih Cocok untuk Anda?

Perbedaan dalam Penggunaan

Perbedaan pada shock belakang Vixion dan R15 memberikan pengalaman berkendara yang berbeda. Vixion memberikan kenyamanan yang lebih baik saat berkendara dalam kecepatan biasa dan pada permukaan jalan yang tidak rata. Dengan suspensi yang lebih lembut, Vixion memberikan pengendara kenyamanan dan stabilitas yang baik dalam perjalanan jarak jauh.

Sementara itu, R15 memberikan performa yang lebih baik pada kecepatan tinggi dan saat melakukan manuver. Dengan suspensi yang lebih keras, R15 memberikan stabilitas yang lebih baik saat melaju dengan kecepatan tinggi dan saat melakukan tikungan tajam.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah membahas perbedaan antara shock belakang Vixion dan R15. Vixion memiliki suspensi yang lebih lembut, memberikan kenyamanan dan stabilitas saat berkendara dalam kecepatan biasa dan pada permukaan jalan yang tidak rata. Sementara itu, R15 memiliki suspensi yang lebih keras, memberikan performa dan kestabilan yang lebih baik pada kecepatan tinggi dan saat melakukan manuver. Pemilihan motor tergantung pada preferensi masing-masing pengendara, apakah mereka mengutamakan kenyamanan atau performa.