Perbedaan Rasio KLX 140 dan 150

Diposting pada

Pengenalan

Motor trail Kawasaki KLX 140 dan KLX 150 merupakan dua pilihan yang populer di kalangan pecinta off-road. Meskipun keduanya berasal dari seri KLX, terdapat beberapa perbedaan yang signifikan antara keduanya. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara rinci perbedaan rasio KLX 140 dan KLX 150.

Rasio Transmisi

Salah satu perbedaan utama antara KLX 140 dan KLX 150 terletak pada rasio transmisinya. KLX 140 dilengkapi dengan rasio transmisi 5 percepatan, sedangkan KLX 150 memiliki 6 percepatan. Perbedaan ini mempengaruhi performa dan kemampuan motor dalam menghadapi berbagai medan off-road.

Kapasitas Mesin

KLX 140 memiliki kapasitas mesin sebesar 144cc, sementara KLX 150 memiliki kapasitas mesin yang lebih besar, yaitu 144cc. Perbedaan ini memberikan kelebihan bagi KLX 150 dalam hal tenaga dan akselerasi.

Torsi

Torsi adalah kekuatan putaran mesin yang dihasilkan pada roda. KLX 140 memiliki torsi sebesar 12 Nm pada 7500 rpm, sedangkan KLX 150 memiliki torsi sebesar 12,5 Nm pada 6000 rpm. Meskipun perbedaannya tidak signifikan, namun hal ini dapat mempengaruhi performa motor dalam melewati rintangan off-road.

Suspensi

KLX 140 dan KLX 150 memiliki suspensi yang berbeda. KLX 140 menggunakan suspensi depan dengan diameter 33 mm, sedangkan KLX 150 menggunakan suspensi depan dengan diameter 37 mm. Selain itu, KLX 140 juga memiliki pengaturan preload pada suspensi belakang, sementara KLX 150 tidak memiliki fitur ini. Perbedaan suspensi ini mempengaruhi tingkat kenyamanan dan stabilitas saat berkendara di medan off-road yang berat.

Berat Motor

KLX 140 memiliki berat sekitar 99 kg, sedangkan KLX 150 memiliki berat sekitar 118 kg. Perbedaan berat ini dapat mempengaruhi manuverabilitas dan kestabilan motor saat melintasi rintangan off-road.

Baca Juga :  Tugas Pokok Bagian Piutang: Mengelola dan Meminimalkan Risiko Tunggakan Pembayaran

Ukuran Ban

Ukuran ban juga menjadi perbedaan antara KLX 140 dan KLX 150. KLX 140 menggunakan ban depan dengan ukuran 70/100-17 dan ban belakang dengan ukuran 90/100-14. Sementara itu, KLX 150 menggunakan ban depan dengan ukuran 70/100-19 dan ban belakang dengan ukuran 90/100-16. Perbedaan ukuran ban ini mempengaruhi traksi dan kestabilan motor saat melewati medan off-road yang berbeda.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, telah dijelaskan perbedaan rasio KLX 140 dan KLX 150. Dari segi rasio transmisi, kapasitas mesin, torsi, suspensi, berat motor, dan ukuran ban, kedua motor ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Pemilihan antara KLX 140 dan KLX 150 tergantung pada preferensi dan kebutuhan pengendara dalam menghadapi medan off-road tertentu. Penting untuk mempertimbangkan faktor-faktor ini sebelum memutuskan untuk membeli salah satu dari kedua motor ini.