Vixion merupakan salah satu motor sport yang populer di Indonesia. Seiring dengan perkembangan waktu, Yamaha menghadirkan versi baru dari Vixion dengan beberapa perubahan signifikan, termasuk pada bagian rangka. Pada artikel ini, kita akan membahas perbedaan rangka Vixion old dan new serta dampaknya terhadap performa dan kenyamanan berkendara.
Rangka Vixion Old
Rangka Vixion old menggunakan rangka diamond yang sudah terbukti kehandalannya. Rangka ini terbuat dari bahan yang kuat dan tahan lama, sehingga memberikan kestabilan saat melaju di jalanan. Rangka diamond juga memberikan handling yang responsif dan akurat, sehingga pengendara bisa dengan mudah mengendalikan motor ini.
Rangka Vixion old memiliki desain yang kokoh dan sporty. Dengan rangka diamond, Vixion old memiliki tampilan yang lebih agresif dan modern. Hal ini menjadi salah satu daya tarik utama bagi para pecinta motor sport.
Namun, ada beberapa kelemahan dari rangka Vixion old. Salah satunya adalah bobot yang cukup berat. Rangka diamond yang terbuat dari bahan yang kuat membuat motor ini memiliki berat yang agak lebih berat dibandingkan dengan motor sejenisnya. Hal ini dapat mempengaruhi manuverabilitas dan akselerasi motor.
Selain itu, rangka Vixion old juga memiliki kelemahan pada suspensi belakang. Suspensi belakang pada Vixion old kurang optimal dalam menyerap guncangan saat melewati jalan yang tidak rata. Hal ini dapat membuat pengendara merasa tidak nyaman saat berkendara di jalan yang bergelombang atau berlubang.
Rangka Vixion New
Rangka Vixion new menggunakan rangka deltabox, yang sudah digunakan pada sejumlah motor sport Yamaha lainnya. Rangka deltabox memiliki desain yang lebih ringan dan lebih efisien dalam mentransfer tenaga dari mesin ke roda.
Dengan rangka deltabox, Vixion new memiliki bobot yang lebih ringan dibandingkan dengan Vixion old. Hal ini membuat motor ini lebih lincah dan responsif saat dikendarai. Pengendara dapat dengan mudah bermanuver dan melakukan akselerasi dengan lebih baik.
Suspensi belakang pada Vixion new juga mengalami peningkatan. Yamaha telah melakukan perbaikan pada suspensi belakang, sehingga lebih baik dalam menyerap guncangan saat berkendara. Hal ini membuat pengendara merasa lebih nyaman saat melewati jalan yang bergelombang atau berlubang.
Desain rangka deltabox pada Vixion new juga memberikan kesan yang lebih modern dan futuristik. Dengan tampilan yang lebih atraktif, Vixion new menjadi pilihan yang menarik bagi mereka yang ingin tampil beda dengan motor sport yang stylish.
Kesimpulan
Dari pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa terdapat beberapa perbedaan antara rangka Vixion old dan new. Rangka Vixion old menggunakan rangka diamond yang kokoh dan sporty, namun memiliki bobot yang agak berat dan suspensi belakang yang kurang optimal. Sementara itu, rangka Vixion new menggunakan rangka deltabox yang lebih ringan, efisien, dan memberikan performa yang lebih baik. Suspensi belakang pada Vixion new juga telah ditingkatkan untuk memberikan kenyamanan lebih saat berkendara.
Bagi mereka yang mengutamakan performa dan kenyamanan, Vixion new menjadi pilihan yang lebih baik. Namun, bagi mereka yang menyukai tampilan yang sporty dan agresif, Vixion old tetap menjadi pilihan yang menarik. Pemilihan antara Vixion old dan new tentunya tergantung pada preferensi dan kebutuhan masing-masing pengendara.