Perbedaan Mesin MX King dan Vixion

1. Pengenalan

Mesin merupakan salah satu komponen terpenting dalam sebuah sepeda motor. Bagi para pecinta motor Yamaha, mesin MX King dan Vixion tentunya tidak asing lagi. Kedua jenis mesin ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Mari kita bahas lebih lanjut mengenai perbedaan mesin MX King dan Vixion.

2. Spesifikasi Mesin

Mesin MX King menggunakan mesin berkapasitas 150 cc dengan teknologi Liquid Cooled Fuel Injection (LCFI). Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 17 PS pada putaran mesin 9,000 rpm dan torsi maksimal sebesar 13.8 Nm pada putaran mesin 7,500 rpm.

Sementara itu, Vixion menggunakan mesin berkapasitas 155cc dengan teknologi Liquid Cooled Fuel Injection (LCFI) yang sama. Namun, mesin Vixion mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 19.3 PS pada putaran mesin 10,000 rpm dan torsi maksimal sebesar 14.7 Nm pada putaran mesin 8,500 rpm.

3. Performa

Jika dilihat dari spesifikasi mesin, dapat diketahui bahwa Vixion memiliki tenaga yang lebih besar dibandingkan MX King. Hal ini tentu mempengaruhi performa saat digunakan dalam berkendara. Vixion memiliki akselerasi yang lebih cepat dan mampu mencapai kecepatan tertinggi yang lebih tinggi dibandingkan MX King.

4. Konsumsi Bahan Bakar

Perbedaan spesifikasi mesin juga berdampak pada konsumsi bahan bakar. Meskipun memiliki kapasitas mesin yang lebih besar, Vixion ternyata memiliki konsumsi bahan bakar yang lebih efisien dibandingkan MX King. Hal ini disebabkan oleh teknologi yang digunakan pada mesin Vixion yang lebih canggih dan mampu menghasilkan pembakaran yang lebih efisien.

Baca Juga :  Perbedaan Transistor Sanken Asli dan Palsu

5. Desain

Perbedaan mesin MX King dan Vixion juga dapat dilihat dari segi desain. MX King memiliki desain yang lebih sporty dengan garis-garis yang tajam dan agresif. Sedangkan Vixion memiliki desain yang lebih elegan dengan garis-garis yang lebih lembut dan aerodinamis.

6. Fitur

Vixion memiliki fitur-fitur yang lebih lengkap dibandingkan MX King. Beberapa fitur yang terdapat pada Vixion antara lain lampu depan LED, panel instrumen digital, serta penggunaan teknologi Variable Valve Actuation (VVA) yang membuat performa mesin lebih optimal pada berbagai putaran mesin.

Sementara itu, MX King memiliki fitur-fitur yang lebih sederhana. Meski begitu, MX King tetap memberikan kenyamanan dan keamanan saat berkendara dengan fitur-fitur seperti sistem pengereman ABS dan lampu sein otomatis.

7. Harga

Perbedaan mesin MX King dan Vixion juga dapat dilihat dari segi harga. Vixion memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan MX King. Hal ini disebabkan oleh fitur-fitur yang lebih lengkap dan performa yang lebih baik yang dimiliki oleh Vixion.

8. Kesimpulan

Pada kesimpulannya, terdapat beberapa perbedaan antara mesin MX King dan Vixion. Vixion memiliki tenaga yang lebih besar, konsumsi bahan bakar yang lebih efisien, fitur-fitur yang lebih lengkap, dan desain yang lebih elegan. Namun, MX King juga memiliki keunggulan yang tidak kalah penting, seperti harga yang lebih terjangkau dan fitur-fitur keamanan yang tidak dimiliki oleh Vixion.

Setiap orang memiliki preferensi dan kebutuhan yang berbeda dalam memilih sepeda motor. Oleh karena itu, penting untuk mempertimbangkan semua perbedaan dan keunggulan yang dimiliki oleh MX King dan Vixion sebelum memutuskan untuk membeli salah satu dari keduanya.

/* */
error: Content is protected !!