Perbedaan MCB Schneider Biru dan Orange

Pendahuluan

MCB (Miniature Circuit Breaker) Schneider adalah salah satu merek populer dalam industri listrik. Schneider memiliki berbagai jenis MCB dengan warna yang berbeda, di antaranya adalah biru dan orange. Dalam artikel ini, kita akan membahas perbedaan antara MCB Schneider biru dan orange serta kegunaan masing-masingnya.

MCB Schneider Biru

MCB Schneider biru biasanya digunakan untuk instalasi listrik rumah tangga. Warna biru pada MCB ini menandakan bahwa daya listrik yang diatur olehnya adalah daya listrik rendah atau daya listrik yang digunakan untuk peralatan rumah tangga seperti lampu, kipas angin, dan peralatan elektronik lainnya yang memiliki konsumsi daya rendah.

MCB Schneider biru memiliki berbagai keunggulan. Pertama, MCB ini dilengkapi dengan sistem proteksi yang baik untuk mencegah terjadinya korsleting atau hubungan arus pendek. Kedua, MCB Schneider biru juga memiliki daya tahan yang baik sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama tanpa mengalami kerusakan.

MCB Schneider biru sangat penting dalam instalasi listrik rumah tangga karena dapat melindungi peralatan elektronik yang sensitif terhadap lonjakan atau gangguan listrik. Dengan menggunakan MCB ini, Anda dapat menghindari risiko kebakaran dan kerusakan peralatan akibat gangguan listrik yang tidak terduga.

MCB Schneider Orange

Sedangkan MCB Schneider orange biasanya digunakan untuk instalasi listrik yang membutuhkan daya listrik yang lebih besar, seperti instalasi listrik di gedung perkantoran atau pabrik. Warna orange pada MCB ini menandakan bahwa daya listrik yang diatur olehnya adalah daya listrik yang lebih tinggi dibandingkan dengan MCB biru.

MCB Schneider orange memiliki kapasitas yang lebih besar untuk mengatur aliran listrik yang lebih besar pula. MCB ini juga dilengkapi dengan sistem proteksi yang canggih untuk mencegah terjadinya korsleting atau hubungan arus pendek pada instalasi listrik yang menggunakan daya listrik yang tinggi.

Baca Juga :  Apakah Parfum Pucelle Mengandung Alkohol?

MCB Schneider orange sangat penting dalam instalasi listrik yang membutuhkan daya listrik besar karena dapat melindungi instalasi listrik dan peralatan yang terhubung darinya dari risiko overloading atau beban listrik yang berlebihan.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, perbedaan utama antara MCB Schneider biru dan orange adalah pada daya listrik yang dapat diatur oleh masing-masingnya. MCB Schneider biru digunakan untuk daya listrik rendah dalam instalasi rumah tangga, sementara MCB Schneider orange digunakan untuk daya listrik yang lebih besar dalam instalasi perkantoran atau pabrik.

Kedua jenis MCB ini sangat penting dalam instalasi listrik karena dapat melindungi peralatan elektronik dan instalasi listrik dari risiko gangguan listrik. Dengan menggunakan MCB Schneider biru atau orange yang sesuai dengan kebutuhan daya listrik, Anda dapat menjaga keamanan dan kinerja instalasi listrik Anda.

/* */
error: Content is protected !!