Perbedaan Kampas Ganda NMAX Old dan New

Diposting pada

Apa itu Kampas Ganda pada NMAX?

Kampas ganda adalah salah satu komponen penting pada sistem pengereman sepeda motor Yamaha NMAX. Fungsinya adalah untuk menghasilkan gesekan yang diperlukan untuk menghentikan roda saat Anda menekan tuas rem. Kampas ganda ini terbuat dari bahan yang tahan lama dan bisa diandalkan untuk memberikan performa pengereman yang optimal.

Apa Perbedaan Antara Kampas Ganda NMAX Old dan New?

Yamaha NMAX telah mengalami beberapa perubahan dalam beberapa tahun terakhir, dan salah satu perubahan tersebut adalah pada sistem kampas ganda. Berikut adalah perbedaan antara kampas ganda NMAX versi lama dan versi terbaru:

1. Bahan Kampas

Pada NMAX versi lama, kampas ganda terbuat dari bahan organik. Bahan ini memiliki kelebihan dalam memberikan pengereman yang halus dan nyaman, namun memiliki kekurangan dalam daya tahan yang rendah. Sedangkan pada NMAX versi terbaru, Yamaha menggunakan bahan semi-metallic yang lebih tahan lama namun tetap memberikan pengereman yang baik.

2. Umur Pemakaian

Dikarenakan perbedaan bahan, umur pemakaian kampas ganda juga berbeda antara NMAX versi lama dan versi baru. Kampas ganda NMAX versi lama cenderung memiliki umur pemakaian yang lebih pendek, sehingga perlu diganti lebih sering. Sementara itu, kampas ganda NMAX versi terbaru memiliki daya tahan yang lebih baik dan umur pemakaian yang lebih panjang.

3. Performa Pengereman

Penggunaan bahan semi-metallic pada kampas ganda NMAX versi terbaru memberikan peningkatan performa pengereman. Kampas ganda yang baru mampu memberikan gesekan yang lebih kuat pada cakram rem, sehingga memberikan pengereman yang lebih efektif dan responsif.

Baca Juga :  Perbedaan Shock Belakang PCX 150 dan 160

4. Biaya Penggantian

Salah satu hal yang perlu diperhatikan ketika mengganti kampas ganda adalah biaya penggantian. Kampas ganda NMAX versi lama biasanya lebih murah dibandingkan dengan versi terbaru. Namun, mengingat umur pemakaian yang lebih pendek, biaya penggantian kampas ganda versi lama bisa menjadi lebih mahal dalam jangka panjang.

5. Ketersediaan di Pasaran

Karena perbedaan versi, kampas ganda NMAX versi lama dan baru mungkin memiliki ketersediaan yang berbeda di pasaran. Kampas ganda NMAX versi lama mungkin lebih sulit ditemukan karena sudah tidak diproduksi lagi. Oleh karena itu, jika Anda memiliki NMAX versi lama, pastikan untuk mencari kampas ganda yang kompatibel dengan model sepeda motor Anda.

6. Rekomendasi Penggantian

Yamaha merekomendasikan penggantian kampas ganda setiap 10.000 km atau setiap 6 bulan, tergantung pada mana yang tercapai lebih dulu. Penting untuk memeriksa kondisi kampas ganda secara berkala dan menggantinya jika diperlukan. Perhatikan juga tanda-tanda aus pada kampas ganda, seperti suara berdecit saat mengerem atau pengereman yang tidak efektif. Jika Anda mengalami tanda-tanda tersebut, segeralah mengganti kampas ganda Anda.

Kesimpulan

Perbedaan kampas ganda NMAX versi lama dan versi terbaru terletak pada bahan, umur pemakaian, performa pengereman, biaya penggantian, ketersediaan di pasaran, dan rekomendasi penggantian. Meskipun kampas ganda versi baru memiliki keunggulan dalam daya tahan dan performa pengereman, kampas ganda versi lama juga masih dapat digunakan dengan baik jika Anda dapat menemukannya di pasaran. Pastikan untuk memeriksa kondisi kampas ganda secara berkala dan menggantinya jika diperlukan untuk menjaga keselamatan dan performa pengereman sepeda motor NMAX Anda.

Baca Juga :  Perbedaan Lip Cream Make Over Asli dan Palsu