Perbedaan Jabo Mata Putih dan Kuning

Apa itu Jabo Mata Putih?

Jabo mata putih, atau yang juga dikenal sebagai Jabo mata pucat, adalah salah satu jenis burung Jabo yang memiliki ciri khas pada warna matanya. Burung ini memiliki mata berwarna putih yang sangat mencolok. Warna mata yang begitu kontras dengan bulu-bulunya membuat Jabo mata putih menjadi burung yang sangat menarik dan diminati oleh para penggemar burung.

Apa itu Jabo Mata Kuning?

Sedangkan Jabo mata kuning, atau yang juga sering disebut Jabo mata kunyit, adalah jenis burung Jabo yang memiliki mata berwarna kuning terang. Mata kuning yang memancarkan keceriaan dan kehangatan ini menjadi daya tarik utama bagi Jabo mata kuning. Bagi pecinta burung, Jabo mata kuning menjadi salah satu burung yang paling diminati karena keindahan warna mata yang dimilikinya.

Perbedaan Warna Mata

Perbedaan utama antara Jabo mata putih dan kuning terletak pada warna matanya. Jabo mata putih memiliki mata berwarna putih yang mencolok, sedangkan Jabo mata kuning memiliki mata berwarna kuning terang. Perbedaan warna mata ini memberikan karakteristik yang unik pada masing-masing jenis Jabo.

Perbedaan Pada Bulu-bulu Tubuh

Selain perbedaan pada warna mata, Jabo mata putih dan kuning juga memiliki perbedaan pada bulu-bulu tubuhnya. Jabo mata putih memiliki bulu-bulu tubuh yang umumnya berwarna putih atau pucat, sedangkan Jabo mata kuning memiliki bulu-bulu tubuh yang umumnya lebih bervariasi, mulai dari kuning terang hingga kuning keemasan.

Perbedaan Karakter dan Suara

Meskipun Jabo mata putih dan kuning memiliki perbedaan pada warna mata dan bulu-bulu tubuh, namun karakter dan suara kicauan keduanya tidak jauh berbeda. Keduanya memiliki suara yang merdu dan melengking, serta karakter yang lincah dan ceria.

Baca Juga :  Perbedaan Garnier Sakura dan Lemon: Manfaat dan Pilihan Terbaik untuk Kulitmu

Perbedaan Populasi dan Penyebaran

Perbedaan lainnya antara Jabo mata putih dan kuning terletak pada populasi dan penyebarannya. Jabo mata putih umumnya lebih sulit ditemui dan memiliki populasi yang lebih sedikit dibandingkan dengan Jabo mata kuning. Sementara itu, Jabo mata kuning memiliki populasi yang lebih banyak dan lebih mudah ditemui di berbagai daerah.

Kesimpulan

Jabo mata putih dan kuning adalah dua jenis burung Jabo yang memiliki perbedaan pada warna mata dan bulu-bulu tubuhnya. Jabo mata putih memiliki mata berwarna putih yang mencolok dan bulu-bulu tubuh yang umumnya berwarna putih atau pucat, sedangkan Jabo mata kuning memiliki mata berwarna kuning terang dan bulu-bulu tubuh yang umumnya lebih bervariasi. Meskipun demikian, keduanya memiliki karakter dan suara kicauan yang serupa, yaitu merdu dan ceria. Jabo mata putih memiliki populasi yang lebih sedikit dan lebih sulit ditemui, sedangkan Jabo mata kuning memiliki populasi yang lebih banyak dan lebih mudah ditemui di berbagai daerah.

/* */
error: Content is protected !!