Perbedaan CBR ABS dan Non-ABS

Apa itu CBR ABS dan Non-ABS?

CBR ABS dan Non-ABS adalah dua varian sepeda motor Honda CBR yang memiliki perbedaan utama dalam sistem pengereman. ABS adalah singkatan dari Anti-lock Braking System, sedangkan Non-ABS adalah versi tanpa sistem pengereman tersebut. Pada artikel ini, kita akan membahas perbedaan antara kedua varian tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan CBR ABS

CBR ABS memiliki keunggulan utama dalam sistem pengereman yang lebih canggih. Dengan menggunakan ABS, sepeda motor ini dapat mencegah roda terkunci saat pengereman mendadak atau di permukaan jalan yang licin. Hal ini membuat pengendara dapat mengendalikan sepeda motor dengan lebih baik saat melakukan pengereman mendadak. Namun, kelebihan ini juga datang dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan versi Non-ABS.

Kelemahan dari CBR ABS adalah bobot sepeda motor yang sedikit lebih berat dibandingkan dengan versi Non-ABS. Hal ini disebabkan oleh tambahan komponen ABS yang diperlukan dalam sistem pengereman. Bobot yang lebih berat ini dapat mempengaruhi manuverabilitas dan kecepatan sepeda motor, terutama saat melakukan akselerasi.

Kelebihan dan Kekurangan CBR Non-ABS

CBR Non-ABS adalah versi yang lebih sederhana dari sepeda motor ini. Kelebihan utamanya adalah harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan versi ABS. Selain itu, bobot yang lebih ringan membuat sepeda motor ini lebih lincah saat dikendarai. Kelemahan dari versi Non-ABS adalah kurangnya sistem pengereman yang canggih seperti pada ABS, sehingga pengendara harus lebih berhati-hati saat melakukan pengereman mendadak atau di permukaan jalan yang licin.

Baca Juga :  Perbedaan Baterai VTC Otentik dan Clone: Mengenal Mana yang Lebih Baik

Pemilihan Antara CBR ABS dan Non-ABS

Pemilihan antara CBR ABS dan Non-ABS tergantung pada preferensi dan kebutuhan pengendara. Jika pengendara sering mengendarai di jalan yang licin atau sering melakukan pengereman mendadak, maka CBR ABS adalah pilihan yang lebih aman. Namun, jika pengendara lebih mempertimbangkan harga dan preferensi dalam hal manuverabilitas, maka CBR Non-ABS dapat menjadi pilihan yang lebih baik.

Secara keseluruhan, baik CBR ABS maupun Non-ABS adalah sepeda motor yang handal. Pilihan tergantung pada kebutuhan dan preferensi individu. Pastikan untuk melakukan tes berkendara sebelum membeli salah satu varian ini agar dapat merasakan perbedaannya secara langsung.

Kesimpulan

Perbedaan antara CBR ABS dan Non-ABS terletak pada sistem pengereman. CBR ABS dilengkapi dengan sistem pengereman canggih yang mencegah roda terkunci saat pengereman mendadak, sementara CBR Non-ABS adalah versi yang lebih sederhana tanpa sistem pengereman tersebut. Pemilihan antara kedua varian ini tergantung pada preferensi pengendara dalam hal keamanan, harga, dan manuverabilitas. Pastikan untuk mempertimbangkan kebutuhan dan melakukan tes berkendara sebelum membeli salah satu varian ini.

/* */
error: Content is protected !!