Perbedaan CBR 250 Standar dan ABS

Apa yang Membuat CBR 250 Standar dan ABS Berbeda?

Bagi para pecinta sepeda motor, Honda CBR 250 tentu sudah tidak asing lagi. Motor sport yang satu ini memiliki dua varian yang cukup populer, yaitu CBR 250 standar dan CBR 250 ABS. Meski terlihat serupa, keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Dalam artikel ini, kita akan membahas perbedaan antara CBR 250 standar dan ABS serta manfaat yang dapat Anda dapatkan dari masing-masing varian.

1. Sistem Pengereman

Perbedaan yang paling mencolok antara CBR 250 standar dan ABS terletak pada sistem pengereman. CBR 250 standar menggunakan sistem pengereman konvensional, sedangkan CBR 250 ABS dilengkapi dengan sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS). Sistem ABS pada CBR 250 ABS mampu mengontrol rem secara otomatis, sehingga mencegah terjadinya ban terkunci saat pengereman mendadak. Hal ini memberikan keamanan lebih saat berkendara di jalan raya.

2. Fitur Keamanan

Selain sistem pengereman, CBR 250 ABS juga dilengkapi dengan fitur keamanan tambahan, seperti sistem pengereman ABS yang telah disebutkan sebelumnya. Fitur ini sangat berguna saat berkendara di kondisi jalanan yang licin atau basah. Dengan adanya ABS, Anda dapat menghindari terjadinya tergelincir atau terjatuh saat mengerem mendadak.

3. Harga

Salah satu faktor yang harus dipertimbangkan saat memilih antara CBR 250 standar dan ABS adalah harga. CBR 250 ABS biasanya memiliki harga yang sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan CBR 250 standar. Hal ini dapat dimaklumi mengingat fitur-fitur tambahan yang ada pada CBR 250 ABS, seperti sistem pengereman ABS. Namun, jika Anda memiliki anggaran terbatas, CBR 250 standar juga merupakan pilihan yang baik dengan harga yang lebih terjangkau.

Baca Juga :  Perbedaan Rangka Mio Soul dan Mio Sporty

4. Performa

Secara performa, CBR 250 standar dan ABS tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Keduanya menggunakan mesin yang sama, yaitu mesin 4-langkah, satu silinder, 249,6 cc, dengan sistem pendingin cairan. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 26,5 PS pada 9.000 rpm dan torsi maksimum sebesar 22,9 Nm pada 7.500 rpm. Dengan performa yang hampir sama, Anda tidak perlu khawatir akan kehilangan performa yang baik meski memilih CBR 250 standar.

5. Desain

Perbedaan terakhir antara CBR 250 standar dan ABS terletak pada desainnya. CBR 250 standar memiliki desain yang lebih sederhana dan minimalis, sedangkan CBR 250 ABS memiliki desain yang lebih modern dan sporty. Desain yang sporty pada CBR 250 ABS membuatnya terlihat lebih mewah dan lebih menarik bagi beberapa orang.

Kesimpulan

Dalam memilih antara CBR 250 standar dan ABS, Anda perlu mempertimbangkan kebutuhan dan preferensi pribadi. Jika Anda lebih mengutamakan keamanan dan siap mengeluarkan budget lebih, CBR 250 ABS adalah pilihan yang tepat. Namun, jika Anda memiliki anggaran terbatas dan tidak terlalu mempermasalahkan fitur-fitur tambahan, CBR 250 standar dapat menjadi pilihan yang baik. Ingatlah untuk selalu mengutamakan keselamatan saat berkendara dan mematuhi peraturan lalu lintas yang berlaku.

/* */
error: Content is protected !!