Perbedaan Blok Seher Beat FI dan Beat ESP

Pengenalan

Bagi pecinta sepeda motor, terutama Honda Beat, tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah blok seher. Blok seher merupakan salah satu komponen penting dalam mesin sepeda motor yang berfungsi sebagai tempat pembakaran bahan bakar dan sekaligus menghasilkan tenaga untuk memutar roda.

Honda Beat FI

Honda Beat FI adalah varian sepeda motor Honda Beat yang menggunakan sistem injeksi bahan bakar. Blok seher pada Honda Beat FI memiliki beberapa perbedaan dengan varian lainnya, seperti Beat ESP.

Salah satu perbedaan utama adalah ukuran diameter dan langkah blok seher. Pada Honda Beat FI, diameter blok seher memiliki ukuran 50 mm dengan langkah 55,1 mm. Perbedaan ini berpengaruh pada kapasitas mesin dan tenaga yang dihasilkan.

Keuntungan menggunakan blok seher Beat FI adalah konsumsi bahan bakar yang lebih efisien. Sistem injeksi pada Honda Beat FI dapat mengatur jumlah bahan bakar yang masuk ke dalam ruang pembakaran dengan lebih akurat, sehingga pembakaran menjadi lebih efisien dan tarikan motor menjadi lebih responsif.

Honda Beat ESP

Honda Beat ESP adalah varian sepeda motor Honda Beat yang menggunakan sistem Enhanced Smart Power (ESP). Blok seher pada Honda Beat ESP juga memiliki perbedaan dengan Beat FI.

Ukuran diameter dan langkah blok seher pada Honda Beat ESP adalah 50 mm dan 55,2 mm. Perbedaan ini sedikit lebih besar daripada Beat FI, namun tidak terlalu signifikan dalam pengaruh kapasitas mesin dan tenaga yang dihasilkan.

Keunggulan Honda Beat ESP terletak pada sistem pengapian yang lebih canggih. Dengan menggunakan teknologi ESP, pengapian menjadi lebih optimal sehingga pembakaran bahan bakar menjadi lebih efisien. Hal ini berdampak pada performa mesin yang lebih baik dan konsumsi bahan bakar yang lebih hemat.

Baca Juga :  Apa Bedanya Proses dan Progres?

Perbedaan Lainnya

Selain perbedaan ukuran diameter dan langkah blok seher, terdapat juga perbedaan lain antara Honda Beat FI dan Beat ESP.

Salah satunya adalah pada sistem pengereman. Honda Beat ESP dilengkapi dengan fitur pengereman cakram pada roda belakang, sedangkan Beat FI masih menggunakan pengereman tromol pada roda belakang. Pengereman cakram memberikan efektivitas pengereman yang lebih baik, terutama saat melakukan pengereman mendadak.

Perbedaan lainnya adalah pada tampilan desain. Honda Beat ESP memiliki desain yang lebih sporty dan modern dibandingkan Beat FI. Desain bodi yang aerodinamis dan lampu belakang LED menjadi ciri khas Beat ESP yang membedakannya dengan Beat FI.

Kesimpulan

Dalam memilih antara Honda Beat FI dan Beat ESP, perbedaan blok seher menjadi salah satu faktor yang perlu diperhatikan. Jika Anda menginginkan konsumsi bahan bakar yang lebih efisien, Honda Beat FI dapat menjadi pilihan yang tepat. Namun, jika Anda mengutamakan performa mesin yang lebih baik dan fitur-fitur canggih, Honda Beat ESP adalah pilihan yang lebih sesuai.

Selain itu, perbedaan lain seperti sistem pengereman dan desain juga bisa menjadi pertimbangan dalam memilih antara kedua varian ini. Sesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi Anda sebagai pengendara sepeda motor.

/* */
error: Content is protected !!