Perbedaan Blok RX King YP-1 dan YP-2

Diposting pada

Pendahuluan

Motor Yamaha RX King merupakan salah satu motor legendaris di Indonesia. Motor ini memiliki banyak penggemar karena desainnya yang klasik dan performa mesin yang tangguh. Salah satu komponen penting pada motor ini adalah blok silinder. Dalam artikel ini, kita akan membahas perbedaan antara blok RX King YP-1 dan YP-2.

Blok RX King YP-1

Blok RX King YP-1 adalah blok silinder yang digunakan pada versi awal motor RX King. Blok ini memiliki karakteristik tertentu yang mempengaruhi performa motor. Salah satu perbedaan utama dari blok YP-1 adalah ukuran lubang silinder dan langkah piston. Blok YP-1 memiliki lubang silinder dengan diameter 58 mm dan langkah piston sebesar 58,7 mm.

Ukuran lubang silinder dan langkah piston yang lebih besar pada blok YP-1 membuat motor RX King memiliki kapasitas mesin yang lebih besar. Hal ini memberikan keuntungan dalam hal tenaga dan torsi yang dihasilkan. Meskipun demikian, peningkatan kapasitas mesin ini juga berdampak pada konsumsi bahan bakar yang lebih besar.

Blok RX King YP-1 juga memiliki karakteristik pembakaran yang berbeda. Blok ini menggunakan sistem pembakaran konvensional dengan karburator. Keuntungan dari sistem ini adalah kemudahan dalam perawatan dan pengaturan mesin. Namun, sistem pembakaran konvensional juga memiliki kelemahan, yaitu efisiensi pembakaran yang lebih rendah dibandingkan dengan sistem injeksi.

Selain itu, blok YP-1 juga memiliki pengaturan kompresi yang berbeda. Kompresi pada blok YP-1 lebih rendah dibandingkan dengan blok YP-2. Hal ini mempengaruhi performa mesin dalam hal tenaga dan respons gas.

Blok RX King YP-2

Blok RX King YP-2 adalah blok silinder yang digunakan pada versi terbaru motor RX King. Blok ini memiliki beberapa perbedaan dengan blok YP-1. Salah satu perbedaan utama adalah ukuran lubang silinder dan langkah piston. Blok YP-2 memiliki lubang silinder dengan diameter 58,5 mm dan langkah piston sebesar 58,7 mm.

Baca Juga :  Perbedaan Emina Sun Battle SPF 30 dan Emina Sun Protection

Perubahan ukuran lubang silinder pada blok YP-2 memberikan perbedaan dalam kapasitas mesin. Meskipun perbedaannya tidak terlalu signifikan, namun blok YP-2 memiliki performa yang lebih baik dalam hal respons gas dan efisiensi pembakaran.

Selain itu, blok YP-2 juga menggunakan sistem pembakaran injeksi. Sistem ini memberikan keuntungan dalam hal efisiensi pembakaran dan pengaturan mesin yang lebih baik. Mesin dengan sistem injeksi juga lebih mudah dalam hal perawatan karena tidak perlu mengatur karburator secara manual.

Blok RX King YP-2 juga memiliki pengaturan kompresi yang lebih tinggi dibandingkan dengan blok YP-1. Hal ini berdampak pada peningkatan tenaga mesin pada putaran tinggi. Namun, pengaturan kompresi yang lebih tinggi juga membutuhkan bahan bakar yang lebih berkualitas.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, terdapat perbedaan yang signifikan antara blok RX King YP-1 dan YP-2. Blok YP-1 memiliki ukuran lubang silinder yang lebih kecil namun memiliki performa yang baik dalam hal tenaga dan torsi. Blok YP-2 memiliki ukuran lubang silinder yang sedikit lebih besar dan menggunakan sistem pembakaran injeksi, sehingga memberikan performa yang lebih baik dalam hal respons gas dan efisiensi pembakaran.

Pemilihan blok silinder RX King YP-1 atau YP-2 tergantung pada preferensi dan kebutuhan pengendara. Jika Anda menginginkan performa yang lebih baik pada putaran tinggi dengan efisiensi pembakaran yang baik, blok YP-2 bisa menjadi pilihan yang lebih baik. Namun, jika Anda menginginkan performa yang lebih besar pada putaran rendah dengan konsumsi bahan bakar yang lebih besar, blok YP-1 bisa menjadi pilihan yang tepat.