Cara Uninstall OneDrive Menggunakan Perintah WinGet

winget uninstall Microsoft.OneDrive

Cara Uninstall OneDrive – Baik Windows 10 maupun Windows 11, diversi Home serta Pro, biasanya telah menyertakan aplikasi OneDrive didalamnya, untuk pengguna umum serta pengguna yang memanfaatkan kapasitas 5 Gb OneDrive sih sebenarnya bukanlah sebuah masalah dengan tetap menyimpan aplikasi itu di dalam system.

Tetapi bagaimana apabila kamu memang tidak pernah menyentuh serta memakai OneDrive, aplikasi ini tentunya hanya akan menjadi bloatware yang hanya memenuhi memory serta juga mengurangi kapasitas penyimpanan di pc atau laptop kalian saja.

Tapi sebelum kalian uninstall OneDrive tersebut ada baiknya jika kalian mengetahui apa sih One Drive ini ;

Microsoft OneDrive

Perancang AwalMicrosoft

Rilis Perdana 1 Agustus 2007
Platform Peramban Web
Jenis Layanan Hos Berkas
Situs Web www.microsoft.com

Microsoft OneDrive disebut juga dengan OneDrive saja, OneDrive ini adalah sebuah layanan komputasi awan yang memungkinkan penggunanya untuk bisa mengunggah serta men-sinkronkan berkas ke suatu penyimpanan awan (cloud). Setelah itu pengguna bisa mengaksesnya dengan melalui peramban web atau juga perangkat tertentu. Layanan tersebut sama seperti halnya Dropbox dan juga Google Drive.

Layanan tersebut dibuat oleh Microsoft serta merupakan bagian dari layanan daring Windows. Microsoft juga merilis OneDrive ini hampir bersamaan dengan Google yang memperkenalkan Google Drive. OneDrive tersebut juga menghadirkan fitur editor via web untuk dokumen office ialah seperti Microsoft Word, Excel, PowerPoint, serta OneNote.

Microsoft OneDrive ini tidak hanya dikembangkan di dalam platform Windows serta Windows Mobile saja, melainkan juga mendukung platform lainnya seperti OS X serta iOS. Disamping itu Microsoft ini sudah mengintegrasikan OneDrive ke dalam sistem operasi Windows. Diantaranya ialah Windows 8, Windows 8.1 serta juga Windows 10.


Manfaat Microsoft OneDrive

dibawah ini merupakan manfaat dari OneDrive diantaranya :

1. Memudahkan akses sebuah file

Mungkin bagi kalian yang sudah pernah memakai aplikasi ini menyadari akan manfaat tersebut. Terlebih lagi dengan dukungan akses di segala macam perangkat seperti MacOS, iOS, Android, dan juga Windows. Kalian bisa dengan dengan mudah mengakses file yang diinginkan.


2. Membantu pekerjaan secara kelompok

Dengan memanfaatkan fitur kolaborasi yang sudah disediakan oleh Microsoft OneDrive ini. Akan memungkinkan kalian untuk melakukan segala macam kegiatan bersamaan secara real-time. Tentu saja ini akan sangat bermanfaat pada saat kalian mempunyai projek secara kelompok tanpa harus bertatap muka.


3. Bagikan file dengan siapapun

Microsoft OneDrive ini akan memberikan kalian kemudahan di dalam segala macam dokumen, gambar, dan video dengan orang lain sesuai keinginan. Disamping membagikan file, kalian juga memutuskan siapa yang bisa mengakses file serta apa yang bisa mereka lakukan. Seperti halnya dengan “lihat saja” atau mungkin kalian mengizinkan mereka untuk “mengeditnya”. Selain dari itu anda juga bisa mencabut akses dengan mematikan fitur berbagi.


Kelebihan dan Kekurangan Microsoft OneDrive

Adapun kelebihan dan kekurangan dari microsoft onedrive ini adalah :

Kelebihan Microsoft OneDrive

  1. Akses dimana saja.
  2. Akses berbagai perangkat.
  3. Terintegrasi dengan office online.
  4. Tampilan User Friendly.
  5. Terdapat fitur vault pribadi.

Kekurangan Microsoft OneDrive

Hal tersebut juga berlaku untuk seluruh produk yang dirilis oleh Microsoft, termasuk Microsoft OneDrive ini. Serta saya rasa kekurangan yang terdapat diMicrosoft OneDrive ini terletak pada kapasitas penyimpanan.

Microsoft ini sudah menyediakan OneDrive versi gratis, walaupun demikian kapasitas yang disediakan itu hanyalah 5 GB saja. Apabila kalian menginginkan kapasitas yang lebih besar, maka kalian disarankan untuk beralih ke akun premium. Dalam hal ini bisa saja menjadi salah satu kekurangan yang dipunyai Microsoft OneDrive. Mengingat penyimpanan yang ditawarkan versi gratis ini lebih sedikit apabila dibandingkan dengan layanan cloud online lainnya.


Cara Uninstall OneDrive Menggunakan Perintah WinGet

Nah tentang hal itu, dikesempatan kali ini WinPoin ini akan merangkum langkah bagaimana caranya menghapus aplikasi OneDrive, baik itu di Windows 10 atau di Windows 11 dengan memakai perintah Winget.

Sebelum memulai, pastikan dulu bahwa kalian sudah memakai Windows Package Manager terbaru yang bisa kalian download pada halaman GitHub berikut.

  • Langkah 1. Pertama, silahkan kamu buka Command Prompt as Administrator.
  • Langkah 2. Selanjutnya, silahkan kamu masukkan perintah berikut.

winget uninstall Microsoft.OneDrive

  • Klik Enter, kemudian biarkan sistem bekerja.

Jika sudah selesai, sekarang ada baiknya jika kalian melakukan Restart Windows kamu, serta apabila sudah maka OneDrive tersebut sudah menghilang dari system yang kamu gunakan.

Demikianlah Cara Uninstall OneDrive Menggunakan Perintah WinGet.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Drive C: Yang Penuh
Baca Juga :  Cara Download PPT di Slideshare Tanpa Login (Android/PC)
Baca Juga :  Cara Uninstall Program Sampai Bersih di Windows
/* */
error: Content is protected !!