3 Cara Mengatasi Layar Laptop Hitam, Penting Sebelum Ganti

Layar Laptop Hitam Saat Dihidupkan

Jagoweb.id – Kamu mungkin mengalam layar laptop hitam saat dihidupkan, jika iya kamu perlu tau apa saja faktor – faktor yang menyebabkan layar laptop hitam, masalah ini umum terjadi disaat kamu melakukan proses booting (masuk ke windows), walaupun hard disk, kipas, lampu, dan indikator lainnya dalam keadaan hidup.

kenapa layar laptop hitam

Tentu saja kondisi layar laptop blank atau hitam ini dapat membuat kamu panik apalagi kalau untuk orang yang awam dan bingung harus melakukan apa, oleh karena itu kamu harus tau dulu apa saja sih penyebab layar laptop hitam atau blank. Oleh karena itu pada artikel kali ini akan dijelaskan cara mengatasi layar laptop hitam atau blank, simak ulasannya sebagai berikut :


Kenapa Background Laptop Hitam Windows ?

Terdapat beberapa penyebab layar laptop hitam di windows mau itu pada windows 10, 11, 7 ataupun 8, layar laptop blank terjadi bisa disebabkan karena :

1. Ada masalah pada RAM

Salah satu penyebab layar laptop hitam adalah RAM yang tidak terbaca, hal ini umum terjadi pada laptop ataupun komputer, dalam kasus ini umumnya terjadi pada komputer yang sengaja membongkar RAM saat membersihkan CPU ataupun saat mengganti RAM, dan terkadang saat kita memasang RAM kembali ke slotnya itu tidak sesuai, oleh karena itu pastikan bahwa kamu sudah memasang RAM di Slotnya sudah sesuai dan jangan lupa dibersihkan juga dengan menggunakan penghapus pada bagian kuningnya secara perlahan.

Dan mungkin juga RAM Laptop ini tidak sesuai pada slotnya sebab adanya bentur dan hal lainnya misalnya karena sudah lama waktu pemakaian RAM laptop kamu maka kondisi RAMnya sudah tidak baik oleh karena itu kamu perlu ganti RAM dilaptop kamu.


2. Corrupt Pada BIOS

Untuk kasus ini sangat langka terjadi, tetapi bukan berarti tidak mungkin, sebab corrupt pada bios ini mampu menyebabkan layar laptop hitam juga. Bagi yang belum tau BIOS adalah singkatan dari Basic Input/Output System, bios ini merupakan program yang dipakai oleh microprocessor untuk memulai sistem saat dinyalakan, oleh karena itu Bios yang corrupt bisa menyebabkan layar hitam, cara mengatasi hal ini kamu perlu install ulang.


3. Ada Masalah Pada VGA

Faktor ketiga layar laptop hitam adalah VGA mengalami Artefak, Artefak ini menyebabkan muncul garis – garis berwarna di layar monitor kamu dan kadangkala diikuti dengan hang.

Dan VGA yang bermasalah ini juga bisa mengakibatkan No display, Hal ini bisa diilustrasikan sama seperti RAM yang tidak sesuai dengan slotnya dan driver VGAnya.


4. Kerusakan Pada Hardware (Perangkat Keras)

Selain ke 3 faktor diatas, kerusakan pada hardware dalam hal ini layar laptop, kabel penghubung layar, motherboard ini juga bisa menyebabkan layar laptop hitam atau blank.

Selain itu motherboard juga sering menjadi penyebab utama layar laptop hitam saat kamu nyalakan dengan alasan kerusakan yang beragam dan berbeda – beda.


Apa Yang Harus Dilakukan Jika Layar Laptop Hitam

kenapa layar laptop hitam

Setelah kita mengetahui beberapa faktor yang mungkin menjadi penyebab layar laptop hitam, kamu bisa lakukan hal – hal berikut ini :

  1. Mengecek Layar LCD Laptop
  2. Copot RAM dan Baterai
  3. Cek Kondisi Kabel Fleksibel LCD
  4. Bersihkan Laptop
  5. Mengganti RAM dan VGA

Bagaimana Mengatasi Layar Laptop Hitam

kenapa layar laptop hitam

Dan setelah kita mengetahui penyebab dan hal yang perlu dilakukan saat layar laptop hitam atau blank, kamu bisa lakukan beberapa langkah dibawah ini :

1. Cek Kondisi Screen

Kalau kamu merasa komponen laptop kamu berkerja tetapi layar laptop hitam, kemungkinan besar layar adalah masalah utamanya, untuk bisa memastikan hal itu kamu bisa ikuti langkah – langkah berikut ini :

  • Tekan Tombol CapsLock / Numlock
  • Perhatikan menyala atau tidak tombol lampu capslok / numlock.
  • Apabila menyala, silahkan tekan tombol kombinasi Windows + CTRL + SHIFT + B.
  • Apabila Windows Responsif, maka nanti akan memberikan sinyal Bunyi “BIP”.

Dan kalau lampu status capslock / numlock tidak menyala dan tidak ada bunyi BIP, silahkan kamu matikan laptop kamu secara paksa dengan cara tekan tombol power 10 detik. Selanjutnya cabut adaptor dan tunggu selama 30 detik, dan coba nyalakan laptop kamu lagi.

Dan untuk memastikan layar laptop hitam lainnya adalah dengan menghubungkan layar laptop ke monitor eksternal seperti tv dan lain sebagainya.


2. Mengatur Resolusi Layar

Jika kamu merasa layar laptop hitam terjadi setelah kamu melakukan pada resolusasi layar kamu bisa coba cara ini, sebab pengaturan Resolusi layar yang over atau tidak sesaui dengan kemampuan laptop bisa membuat laptop blank, dan berikut ini langkah – langkah untuk mengatasi layar laptop hitam :

  • Nyalakan Laptop
  • Masuk ke safe Mode berbeda – beda tiap laptop umumnya (f8,f2,delete dan lain-lain)
  • Klik kanan, klik pada properties / display settings
  • Pilih Resolusi Layar
  • Ubah resolusi layar ke Recommended, restart.

3. Mengatur BIOS ke Mode Default

Salah satu hal yang bisa kamu lakukan selanjutnya adalah dengan masuk ke BIOS, cara masuk ke BIOS untuk mengatasi layar laptop blank sebagai berikut :

  1. Nyalakan laptop.
  2. Tekan tombol F2, F8, F11, atau Delete.
  3. Pada halaman BIOS, buka menu Exit > Load Defaults > OK.
  4. Tekan opsi Save Changes and Exit.

Selain hal diatas, kamu pun bisa melepas baterai CMOS (Complementary Metal Oxide Semiconductor) tunggu beberapa menit lalu memasangnya kembali. Dengan melakukan hal itu Bios akan kembali ke mode default.


Itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan disaat layar laptop hitam, jika cara diatas tidak berhasil membuat Layar kembali menyala itu artinya laptop kamu membutuhkan sentuhan tangan seorang ahli service laptop, kamu bisa mengetahui secara pasti apa yang menjadi penyebab layar laptop hitam ntah itu harus ganti RAM, VGA, Kabel Penghubung, atau memang harus mengganti layar monitor.

Itu saja ulasan kali ini tentang Cara Mengatasi Layar Laptop Hitam, kami berharap apa yang diuraikan dapat bermanfaat untuk kalian, terima kasih sudah membaca artikel ini sampai akhir.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi Dan Penyebabnya
Baca Juga :  Cara Mengurangi Kecerahan Pada Komputer dan Laptop
Baca Juga :  Daftar Perintah Dasar Pada Windows Run Beserta Fungsinya
/* */
error: Content is protected !!