Canang Besar TTS: Simbol Kepercayaan dan Kebudayaan Bali

Bali dikenal sebagai pulau dewata dan merupakan tempat yang kaya akan budaya dan kepercayaan. Di setiap sudut Bali, kita dapat menemukan simbol-simbol kepercayaan dan kebudayaan yang unik dan menarik perhatian. Salah satu simbol kepercayaan di Bali adalah Canang Besar TTS.

Apa itu Canang Besar TTS?

Canang Besar TTS adalah sebuah persembahan yang dibuat oleh umat Hindu Bali dalam rangka upacara keagamaan. Canang Besar TTS sendiri merupakan persembahan yang sangat penting dan biasanya dilakukan pada saat upacara besar seperti piodalan atau ngusaba.

Canang Besar TTS sendiri terdiri dari beberapa bahan-bahan yang disusun dengan rapih dan simetris. Bahan-bahan tersebut antara lain daun pandan, kelapa, beras ketan, bunga, dan dupa.

Makna Simbolis dari Canang Besar TTS

Canang Besar TTS memiliki makna simbolis yang sangat dalam bagi umat Hindu Bali. Setiap bahan yang digunakan dalam Canang Besar TTS memiliki makna tersendiri yang berkaitan dengan kepercayaan dan kebudayaan Bali.

Salah satu bahan penting dalam Canang Besar TTS adalah daun pandan. Daun pandan sendiri melambangkan kesucian dan kebersihan. Selain itu, daun pandan juga dipercaya dapat mengusir roh jahat.

Selain daun pandan, bunga juga merupakan bahan penting dalam Canang Besar TTS. Bunga pada Canang Besar TTS melambangkan keindahan dan keharmonisan. Selain itu, bunga juga dipercaya dapat memberikan aroma yang harum dan menenangkan.

Cara Membuat Canang Besar TTS

Membuat Canang Besar TTS tidaklah mudah karena setiap bahan yang digunakan harus disusun dengan rapih dan simetris. Berikut adalah cara membuat Canang Besar TTS:

  1. Pertama-tama, siapkan bahan-bahan yang akan digunakan seperti daun pandan, kelapa, beras ketan, bunga, dan dupa.
  2. Setelah itu, siapkan wadah yang akan digunakan sebagai tempat menyusun Canang Besar TTS.
  3. Susun daun pandan di bagian bawah wadah dan berikan kelapa di atasnya.
  4. Tambahkan beras ketan di atas kelapa dan susun dengan rapih.
  5. Setelah itu, tambahkan bunga di atas beras ketan dan berikan dupa di atasnya.
  6. Susun semua bahan dengan rapih dan simetris agar terlihat indah dan menarik.
Baca Juga :  Game Perang PS2: Keasyikan Bermain Perang di Konsol Legendaris

Kesimpulan

Canang Besar TTS merupakan simbol kepercayaan dan kebudayaan Bali yang sangat penting dan memiliki makna simbolis yang dalam. Membuat Canang Besar TTS memerlukan keahlian khusus dan harus dilakukan dengan rapih dan simetris. Dengan menjaga dan melestarikan kepercayaan dan kebudayaan Bali, kita dapat membantu mempertahankan keanekaragaman budaya di Indonesia.

/* */
error: Content is protected !!