Sejarah Halo dari Proyek Sampingan Menjadi Mesin Uang Microsoft

Diposting pada

Halo adalah salah satu game video yang paling terkenal di dunia. Game ini dikembangkan oleh Bungie Studios dan diterbitkan oleh Microsoft Studios pada tahun 2001 untuk Xbox. Halo kemudian dirilis untuk Microsoft Windows dan Mac OS X pada tahun 2003.

Sebelum menjadi produk yang sukses dan menghasilkan uang, Halo awalnya hanyalah proyek sampingan di Bungie Studios. Pada awalnya, Halo dirancang sebagai game real-time strategy (RTS) untuk Mac. Namun, ketika Microsoft mengakuisisi Bungie Studios pada tahun 2000, Halo diubah menjadi game first-person shooter (FPS) untuk Xbox.

Sejarah Bungie Studios

Bungie Studios adalah perusahaan pengembang game video yang didirikan pada tahun 1991 oleh Alex Seropian dan Jason Jones di Chicago, Illinois. Perusahaan ini awalnya dikenal sebagai Bungie Software Products Corporation. Bungie Studios merilis beberapa game video yang sukses sebelum mengembangkan Halo, seperti Marathon dan Myth.

Proyek Awal Halo

Pada awalnya, Halo dirancang sebagai game RTS untuk Mac. Halo awalnya diumumkan pada Macworld Expo pada tahun 1999 sebagai game yang akan datang untuk Mac. Namun, Bungie Studios mengalami masalah keuangan dan kesulitan dalam mengembangkan game RTS tersebut.

Pada akhirnya, Bungie Studios memutuskan untuk menjual hak pengembangan game RTS tersebut ke Microsoft. Sebagai gantinya, Microsoft membeli Bungie Studios dan memberikan dana untuk mengembangkan game FPS baru untuk Xbox, yaitu Halo.

Pengembangan Halo

Setelah menjadi game FPS, Halo mengalami beberapa perubahan dalam pengembangannya. Salah satu perubahan penting adalah penambahan fitur multiplayer, yang kemudian menjadi salah satu fitur yang paling populer di game ini.

Baca Juga :  Genshin Impact Download Laptop: Cara Mudah Download Genshin Impact di Laptop

Selama pengembangan, Bungie Studios juga bekerja sama dengan Microsoft dalam mengembangkan Xbox Live, layanan multiplayer online untuk Xbox. Fitur multiplayer Halo kemudian menjadi salah satu fitur utama dari Xbox Live.

Keberhasilan Halo

Halo dirilis pada tanggal 15 November 2001 untuk Xbox. Game ini mendapatkan banyak pujian dari kritikus dan pemain, dan menjadi salah satu game video terbaik sepanjang masa. Halo juga menjadi salah satu game video terlaris sepanjang masa, dengan lebih dari 65 juta salinan yang terjual di seluruh dunia.

Halo juga menjadi salah satu game video yang paling penting dalam sejarah Xbox. Game ini membantu menjadikan Xbox sebagai konsol game yang sukses dan mengembangkan fanbase yang besar di seluruh dunia.

Merchandise Halo

Selain sukses dalam penjualan game, Halo juga sukses dalam penjualan merchandise. Produk merchandise Halo yang populer antara lain action figure, pakaian, dan pernak-pernik lainnya. Produk merchandise Halo membantu memperluas brand Halo dan menghasilkan uang tambahan untuk Microsoft.

Pengembangan Halo selanjutnya

Setelah keberhasilan Halo, Bungie Studios melanjutkan pengembangan game Halo selanjutnya. Halo 2 dirilis pada tahun 2004 untuk Xbox, dan kemudian dirilis untuk PC pada tahun 2007. Halo 3 dirilis pada tahun 2007 untuk Xbox 360, dan kemudian dirilis untuk Xbox One pada tahun 2014.

Bungie Studios kemudian meninggalkan Microsoft pada tahun 2007 dan menjadi perusahaan independen. Namun, kepemilikan merek dagang Halo tetap berada di tangan Microsoft. 343 Industries kemudian mengambil alih pengembangan game Halo selanjutnya, termasuk Halo 4, Halo 5: Guardians, dan Halo Infinite.

Kesimpulan

Halo adalah salah satu game video yang paling terkenal di dunia dan merupakan salah satu game video terbaik sepanjang masa. Awalnya, Halo hanyalah proyek sampingan di Bungie Studios sebelum menjadi game FPS sukses untuk Xbox. Halo juga membantu menjadikan Xbox sebagai konsol game yang sukses dan menghasilkan uang tambahan untuk Microsoft melalui penjualan merchandise.