Perbedaan Noken As Beat Karbu dan Injeksi

Pengertian Noken As

Noken as merupakan salah satu komponen penting dalam sistem penggerak katup pada mesin kendaraan bermotor. Fungsinya adalah mengatur buka-tutup katup pada saat proses pembakaran di dalam ruang bakar. Dalam perkembangannya, noken as telah mengalami beberapa modifikasi, salah satunya adalah perbedaan noken as pada motor Beat dengan sistem karburator (karbu) dan sistem injeksi. Artikel ini akan membahas perbedaan antara noken as pada motor Beat dengan sistem karbu dan injeksi.

Noken As Beat Karbu

Pada motor Beat dengan sistem karbu, noken as memiliki karakteristik khusus yang disesuaikan dengan sistem bahan bakar karburator. Noken as pada motor Beat karbu biasanya memiliki durasi buka dan tutup katup yang lebih pendek dibandingkan dengan motor Beat injeksi.

Hal ini dikarenakan sistem karburator membutuhkan waktu yang lebih lama dalam proses pengaturan campuran udara dan bahan bakar yang masuk ke ruang bakar. Dengan durasi noken as yang lebih pendek, mesin dapat menghasilkan tenaga yang lebih optimal pada putaran mesin yang rendah hingga menengah.

Noken as pada motor Beat karbu juga biasanya memiliki lift (tinggi angkat) yang lebih rendah dibandingkan dengan motor Beat injeksi. Lift noken as yang rendah ini juga berkontribusi pada peningkatan tenaga pada putaran mesin rendah hingga menengah.

Noken As Beat Injeksi

Sementara itu, noken as pada motor Beat dengan sistem injeksi memiliki karakteristik yang berbeda dibandingkan dengan motor Beat karbu. Noken as pada motor Beat injeksi biasanya memiliki durasi buka dan tutup katup yang lebih panjang.

Baca Juga :  Perbedaan Serum Acne Palsu dan Asli

Peningkatan durasi noken as pada motor Beat injeksi ini disesuaikan dengan sistem injeksi yang dapat mengatur campuran udara dan bahan bakar secara lebih akurat dan efisien. Dengan durasi noken as yang lebih panjang, mesin dapat menghasilkan tenaga yang lebih optimal pada putaran mesin yang tinggi.

Lift noken as pada motor Beat injeksi juga umumnya lebih tinggi dibandingkan dengan motor Beat karbu. Lift yang tinggi ini memberikan kontribusi pada peningkatan tenaga pada putaran mesin yang tinggi, sehingga performa motor Beat injeksi lebih baik dibandingkan dengan karbu.

Perbedaan Performa

Sebagai hasil dari perbedaan karakteristik noken as, motor Beat karbu dan injeksi memiliki perbedaan performa yang dapat dirasakan saat penggunaan.

Motor Beat karbu cenderung memiliki tenaga yang lebih optimal pada putaran mesin rendah hingga menengah. Karakteristik ini membuat motor Beat karbu lebih nyaman digunakan dalam keadaan lalu lintas padat atau saat berakselerasi dari posisi berhenti.

Sementara itu, motor Beat injeksi memiliki tenaga yang lebih optimal pada putaran mesin tinggi. Motor ini lebih cocok digunakan untuk perjalanan jauh atau saat berkendara di jalan bebas hambatan.

Namun, perlu diingat bahwa performa motor tidak hanya ditentukan oleh noken as saja, tetapi juga oleh faktor-faktor lain seperti sistem bahan bakar, sistem pengapian, dan lainnya.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, telah dijelaskan perbedaan antara noken as pada motor Beat dengan sistem karbu dan injeksi. Noken as pada motor Beat karbu memiliki durasi buka dan tutup katup yang lebih pendek, sedangkan motor Beat injeksi memiliki durasi yang lebih panjang.

Perbedaan karakteristik noken as ini mengakibatkan perbedaan performa antara motor Beat karbu dan injeksi. Motor Beat karbu memiliki tenaga yang lebih optimal pada putaran mesin rendah hingga menengah, sedangkan motor Beat injeksi memiliki tenaga yang lebih optimal pada putaran mesin tinggi.

Baca Juga :  Perbedaan Kiprok Vixion Lama dan Baru

Namun, performa motor tidak hanya ditentukan oleh noken as saja, tetapi juga oleh faktor-faktor lainnya. Oleh karena itu, pemilihan motor Beat dengan sistem karbu atau injeksi sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi pengguna.

/* */
error: Content is protected !!