Penanganan dan Obat Biduran Membandel

Apa itu Biduran?

Biduran, juga dikenal sebagai urtikaria, adalah kondisi kulit yang ditandai dengan ruam merah dan gatal yang muncul secara tiba-tiba. Ruam ini dapat berukuran kecil atau besar dan bisa muncul di bagian tubuh mana pun. Biduran biasanya berlangsung selama beberapa jam atau beberapa hari, tetapi dalam beberapa kasus, dapat berlangsung lebih lama.

Penyebab Biduran

Penyebab pasti biduran masih belum diketahui, namun beberapa faktor dapat memicu terjadinya biduran. Salah satu penyebab umum adalah reaksi alergi terhadap makanan, obat-obatan, atau bahan kimia tertentu. Selain itu, faktor lain seperti stres, infeksi, suhu ekstrem, dan tekanan fisik juga dapat memicu munculnya biduran.

Gejala Biduran

Pada umumnya, gejala biduran meliputi ruam merah dan gatal yang dapat berubah bentuk dan ukuran dari waktu ke waktu. Ruam ini biasanya disertai dengan pembengkakan pada area yang terkena. Selain itu, beberapa orang juga dapat mengalami gejala lain seperti demam, nyeri sendi, dan sakit kepala.

Cara Penanganan Biduran

Jika Anda mengalami biduran, ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk meredakan gejalanya:

Menghindari Pemicu

Jika Anda mengetahui faktor pemicu yang menyebabkan biduran, sebaiknya hindari kontak dengan faktor tersebut. Misalnya, jika Anda alergi terhadap makanan tertentu, sebaiknya hindari makanan tersebut.

Mengompres Dingin

Mengompres area yang terkena dengan handuk dingin atau kompres es dapat membantu mengurangi rasa gatal dan pembengkakan.

Menggunakan Krim Anti-gatal

Anda dapat menggunakan krim atau salep yang mengandung antihistamin untuk meredakan gatal dan peradangan pada kulit yang terkena.

Baca Juga :  Bentuk Kelompok Sosial Menurut Soerjono Soekanto

Mengonsumsi Antihistamin

Jika biduran Anda disertai dengan gejala yang lebih parah, dokter mungkin akan meresepkan antihistamin oral untuk membantu mengendalikan reaksi alergi dan gejala biduran.

Menghindari Pakaian Ketat

Pakaian yang ketat dapat meningkatkan gesekan pada kulit dan memperburuk gejala biduran. Gunakan pakaian longgar yang terbuat dari bahan yang lembut dan tidak mengiritasi kulit.

Menghindari Suhu Ekstrem

Suhu ekstrem, baik itu panas atau dingin, dapat memicu munculnya biduran. Cobalah untuk menghindari paparan suhu ekstrem dan gunakan perlindungan seperti payung atau pakaian pelindung saat berada di bawah sinar matahari yang terik atau dalam cuaca yang sangat dingin.

Obat Biduran Membandel

Pada beberapa kasus, biduran dapat menjadi lebih membandel dan sulit diobati. Jika langkah-langkah penanganan di atas tidak memberikan hasil yang memadai, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih intensif. Dokter mungkin akan meresepkan obat-obatan yang lebih kuat seperti kortikosteroid oral atau injeksi epinefrin untuk mengatasi gejala biduran yang parah.

Kapan Harus Mencari Bantuan Medis?

Jika biduran Anda tidak kunjung membaik setelah beberapa hari, atau jika gejalanya semakin parah, segera cari bantuan medis. Gejala yang mengkhawatirkan seperti sesak napas, pembengkakan di wajah atau bibir, dan pusing yang parah bisa menjadi tanda-tanda reaksi alergi yang serius dan memerlukan perhatian medis segera.

Kesimpulan

Biduran adalah kondisi kulit yang dapat muncul secara tiba-tiba dan menyebabkan ruam merah dan gatal. Penanganan biduran meliputi menghindari pemicu, mengompres dingin, menggunakan krim anti-gatal, dan mengonsumsi antihistamin. Jika biduran membandel, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih intensif. Jangan ragu untuk mencari bantuan medis jika gejala biduran semakin parah atau mengkhawatirkan.

/* */
error: Content is protected !!