Jika HP Sudah Di-reset, Apakah Masih Bisa Dilacak?

Smartphone atau HP (Handphone) saat ini menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi setiap orang. Selain untuk berkomunikasi dengan orang lain, HP juga dapat digunakan untuk berbagai aktivitas, seperti mengakses internet, mengirim pesan, melakukan panggilan video, dan masih banyak lagi.

Namun, meskipun HP sangat penting bagi kita, tetapi tidak jarang terjadi situasi dimana HP kita hilang atau dicuri oleh orang lain. Hal ini tentu sangat merugikan kita karena tidak hanya kehilangan HP, tapi juga data-data yang ada di dalamnya.

Jika HP kita hilang atau dicuri, biasanya kita akan mencoba melacaknya dengan menggunakan fitur Find My Device atau aplikasi pelacak lainnya. Namun, masalahnya, apa jadinya jika HP kita sudah di-reset oleh orang yang menemukannya?

HP yang Sudah Di-reset, Apakah Masih Bisa Dilacak?

Saat HP kita hilang atau dicuri, biasanya kita akan mencoba melacaknya dengan menggunakan fitur Find My Device atau aplikasi pelacak lainnya. Namun, jika HP kita sudah di-reset oleh orang yang menemukannya, maka kita tidak dapat lagi melacaknya.

Hal ini dikarenakan setelah HP di-reset, semua data yang ada di dalamnya akan dihapus, termasuk data lokasi yang digunakan untuk melacak HP tersebut.

Apakah Ada Cara Lain untuk Melacak HP yang Sudah Di-reset?

Untuk melacak HP yang sudah di-reset, kita dapat mencoba menggunakan aplikasi pelacak lainnya yang tidak hanya bergantung pada data lokasi dalam HP.

Salah satu aplikasi pelacak yang dapat kita gunakan adalah Prey. Aplikasi ini tidak hanya menggunakan data lokasi dalam HP, tapi juga memanfaatkan kamera dan mikrofon dalam HP untuk melacak keberadaan HP tersebut.

Baca Juga :  Hero Tank Mobile Legends Terkuat

Selain Prey, kita juga dapat mencoba menggunakan aplikasi pelacak lainnya seperti Cerberus atau Where’s My Droid. Namun, sayangnya, aplikasi-aplikasi ini juga memiliki kelemahan yang sama dengan Find My Device, yaitu tidak dapat digunakan untuk melacak HP yang sudah di-reset.

Bagaimana Cara Mencegah HP Dicuri dan Di-reset?

Agar HP kita tidak dicuri dan di-reset oleh orang lain, ada beberapa hal yang dapat kita lakukan, yaitu:

  1. Pasang kunci layar pada HP kita agar tidak mudah diakses oleh orang lain.
  2. Jangan menggunakan PIN atau password yang mudah ditebak.
  3. Pasang aplikasi pelacak seperti Find My Device, Prey, Cerberus, atau Where’s My Droid.
  4. Backup data-data penting di HP secara teratur.

Kesimpulan

HP yang sudah di-reset tidak dapat dilacak karena semua data yang ada di dalamnya, termasuk data lokasi, akan dihapus. Namun, kita masih dapat menggunakan aplikasi pelacak lainnya seperti Prey, Cerberus, atau Where’s My Droid untuk melacak HP yang hilang atau dicuri.

Untuk mencegah HP kita dicuri dan di-reset oleh orang lain, kita dapat mengambil beberapa tindakan pencegahan, seperti memasang kunci layar, menggunakan password yang kuat, serta memasang aplikasi pelacak.

/* */
error: Content is protected !!