Ginjal Inggris TTS: Apa itu Ginjal Inggris?

Ginjal Inggris, juga dikenal sebagai TTS (Transplantasi Ginjal) Inggris, adalah prosedur medis yang melibatkan penggantian ginjal yang rusak atau tidak berfungsi dengan ginjal sehat dari donor yang telah disetujui. Prosedur ini umumnya diterapkan pada pasien dengan penyakit ginjal kronis, gagal ginjal, atau penyakit ginjal lainnya yang tidak dapat diatasi dengan obat atau terapi lainnya.

Prosedur TTS Inggris

Prosedur TTS Inggris melibatkan beberapa tahap utama, termasuk:

  • Evaluasi medis dan kelayakan donor dan penerima
  • Proses pencarian donor yang cocok
  • Proses pembedahan untuk mengambil ginjal dari donor
  • Proses pembedahan untuk menempatkan ginjal baru pada penerima
  • Perawatan pasca operasi dan pemantauan kondisi pasien

Setelah prosedur selesai, pasien harus menjalani perawatan dan pemantauan jangka panjang untuk memastikan bahwa tubuh menerima ginjal baru dengan baik dan bahwa prosedur TTS Inggris berhasil.

Tahap Evaluasi Medis

Prosedur TTS Inggris dimulai dengan tahap evaluasi medis yang melibatkan pemeriksaan menyeluruh pada donor dan penerima. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa donor dan penerima sehat secara fisik dan psikologis, serta bahwa ginjal donor cocok dengan tubuh penerima.

Proses evaluasi medis mencakup pemeriksaan fisik, tes darah dan urine, tes radiologi, serta evaluasi psikologis dan sosial. Evaluasi medis ini juga membantu mengidentifikasi kemungkinan risiko dan komplikasi yang mungkin terjadi selama dan setelah prosedur TTS Inggris.

Pencarian Donor

Setelah evaluasi medis selesai dan donor dan penerima telah disetujui sebagai kandidat untuk prosedur TTS Inggris, proses pencarian donor yang cocok dimulai. Ada dua jenis donor yang dapat digunakan dalam prosedur TTS Inggris:

  • Donor hidup: orang yang masih hidup dan bersedia untuk menyumbangkan ginjalnya untuk pasien yang membutuhkan
  • Donor yang telah meninggal: orang yang telah meninggal dan ginjalnya dapat digunakan untuk menyumbangkan bagi pasien yang membutuhkan.
Baca Juga :  Omnivision Umumkan OVB: A Breakthrough in Image Sensor Technology

Proses pencarian donor cocok melibatkan tes darah dan tes jaringan untuk memastikan kesesuaian antara donor dan penerima. Setelah donor cocok ditemukan, proses pembedahan untuk mengambil ginjal donor dimulai.

Proses Pembedahan

Proses pembedahan untuk TTS Inggris melibatkan dua pembedahan terpisah, yaitu pembedahan untuk mengambil ginjal donor dan pembedahan untuk menempatkan ginjal baru pada penerima. Prosedur pembedahan biasanya dilakukan di rumah sakit dan membutuhkan waktu beberapa jam.

Setelah ginjal donor diambil, ginjal baru tersebut akan segera ditempatkan pada penerima. Ginjal baru dihubungkan ke sistem pembuluh darah dan saluran kemih penerima untuk memastikan bahwa ginjal tersebut dapat berfungsi dengan baik.

Perawatan Pasca Operasi

Setelah prosedur TTS Inggris selesai, pasien harus menjalani perawatan dan pemantauan jangka panjang untuk memastikan bahwa tubuh menerima ginjal baru dengan baik. Pasien biasanya akan diawasi di rumah sakit selama beberapa hari setelah operasi untuk memastikan bahwa tidak ada komplikasi atau masalah yang terjadi.

Setelah dirawat di rumah sakit, pasien akan diberikan obat-obatan dan perawatan jangka panjang untuk memastikan bahwa tubuh menerima ginjal baru dengan baik. Perawatan jangka panjang ini meliputi penggunaan obat imunosupresif untuk mencegah tubuh menolak ginjal baru dan menjalani diet yang sehat dan teratur.

Risiko dan Komplikasi

Prosedur TTS Inggris melibatkan beberapa risiko dan komplikasi yang perlu dipertimbangkan sebelum menjalani prosedur. Beberapa risiko dan komplikasi yang mungkin terjadi adalah:

  • Penolakan ginjal baru oleh tubuh penerima
  • Infeksi
  • Kerusakan organ lain
  • Komplikasi pembedahan
  • Reaksi alergi terhadap obat-obatan yang digunakan

Untuk mengurangi risiko dan komplikasi, pasien harus mematuhi perawatan dan pengobatan jangka panjang yang direkomendasikan oleh dokter dan menjalani pemantauan medis secara teratur.

Baca Juga :  TTS Cak Lontong: Kuis Interaktif yang Menghibur

Kesimpulan

Ginjal Inggris TTS adalah prosedur medis penting yang membantu memperbaiki kondisi pasien dengan penyakit ginjal kronis. Prosedur ini melibatkan beberapa tahap, termasuk evaluasi medis, pencarian donor, pembedahan, dan perawatan pasca operasi. Meskipun prosedur ini memiliki risiko dan komplikasi, banyak pasien yang telah berhasil pulih dan mendapatkan manfaat dari prosedur TTS Inggris.

/* */
error: Content is protected !!