Edit Foto Jadi Anime Tanpa Aplikasi

Siapa yang tidak suka dengan anime? Anime adalah salah satu jenis animasi yang berasal dari Jepang yang memiliki ciri khas tersendiri. Animasi ini sudah menjadi populer di seluruh dunia dan banyak orang yang menyukainya. Tidak hanya menonton animenya, tapi juga ingin mengedit foto menjadi gaya anime. Di artikel ini, kamu akan mengetahui cara mengedit foto menjadi anime tanpa menggunakan aplikasi.

1. Pilih Foto yang Akan Diedit

Langkah awal dalam mengubah foto menjadi anime adalah dengan memilih foto yang akan diedit. Pilih foto yang memiliki kualitas yang baik dan memiliki cahaya yang cukup. Pastikan juga foto yang akan diedit tidak terlalu gelap atau terlalu terang.

2. Gunakan Adobe Photoshop

Adobe Photoshop adalah salah satu aplikasi editing foto terbaik yang bisa kamu gunakan untuk mengedit foto menjadi anime. Namun, tidak semua orang memiliki aplikasi ini di perangkatnya. Jika kamu tidak memiliki aplikasi ini, kamu bisa menggunakan aplikasi editing foto lainnya seperti GIMP atau Paint.NET.

3. Duplikat Layer

Duplikat layer adalah langkah penting dalam mengubah foto menjadi anime. Setelah membuka aplikasi editing foto, salin layer dengan cara menekan tombol Ctrl + J (Windows) atau Command + J (Mac). Setelah itu, ganti nama layer menjadi “Anime”.

Baca Juga :  Oppo Reno T Series Topped Up: Smartphone Terbaru Dengan Fitur Terbaik

4. Ubah Mode Blend

Setelah duplikat layer, ubah mode blend layer menjadi “Overlay”. Caranya adalah dengan klik kanan pada layer dan pilih “Overlay”.

5. Ubah Nilai Opacity

Setelah itu, ubah nilai opacity layer menjadi sekitar 50%. Caranya adalah dengan menggunakan slider opacity atau mengubah nilai pada panel layer.

6. Buat Layer Baru

Setelah itu, buat layer baru dengan cara menekan tombol Ctrl + Shift + N (Windows) atau Command + Shift + N (Mac). Kemudian, ganti nama layer menjadi “Lineart”.

7. Buat Garis pada Foto

Selanjutnya, buat garis pada foto dengan menggunakan brush tool. Pilih warna hitam dan buat garis pada foto sesuai dengan bentuk objek yang ingin kamu edit. Pastikan garis yang dibuat memiliki ketebalan yang tepat.

8. Buat Layer Baru Lagi

Setelah membuat garis pada foto, buat layer baru lagi dengan cara yang sama seperti langkah 6. Ganti nama layer menjadi “Flat Color”.

9. Isi Warna pada Foto

Setelah membuat layer baru, isi warna pada foto dengan menggunakan paint bucket tool. Pilih warna yang sesuai dengan warna yang ingin kamu berikan pada objek yang ingin kamu edit.

10. Buat Layer Baru untuk Bayangan

Setelah itu, buat layer baru lagi dengan cara yang sama seperti langkah 6 dan 8. Ganti nama layer menjadi “Shadow”.

11. Buat Bayangan pada Foto

Selanjutnya, buat bayangan pada foto dengan menggunakan brush tool. Pilih warna hitam dan buat bayangan pada objek yang ingin kamu edit. Pastikan bayangan yang dibuat tidak terlalu gelap atau terlalu terang.

12. Buat Layer Baru untuk Highlight

Setelah membuat bayangan pada foto, buat layer baru lagi dengan cara yang sama seperti langkah 6, 8, dan 10. Ganti nama layer menjadi “Highlight”.

Baca Juga :  Mod Mod Minecraft: Memperkaya Pengalaman Bermain Minecraft Anda

13. Buat Highlight pada Foto

Setelah itu, buat highlight pada foto dengan menggunakan brush tool. Pilih warna putih dan buat highlight pada objek yang ingin kamu edit. Pastikan highlight yang dibuat tidak terlalu terang.

14. Buat Layer Baru untuk Detail

Setelah membuat highlight pada foto, buat layer baru lagi dengan cara yang sama seperti langkah 6, 8, 10, dan 12. Ganti nama layer menjadi “Detail”.

15. Tambahkan Detail pada Foto

Setelah itu, tambahkan detail pada foto dengan menggunakan brush tool. Pilih warna yang sesuai dengan warna yang ingin kamu tambahkan pada objek yang ingin kamu edit. Pastikan detail yang ditambahkan tidak terlalu banyak.

16. Buat Layer Baru untuk Background

Setelah menambahkan detail pada foto, buat layer baru lagi dengan cara yang sama seperti langkah 6, 8, 10, 12, dan 14. Ganti nama layer menjadi “Background”.

17. Pilih Warna untuk Background

Setelah itu, pilih warna untuk background sesuai dengan warna yang kamu inginkan. Kamu bisa menggunakan warna solid atau gradient.

18. Simpan Foto

Setelah selesai mengedit foto, simpan foto dengan cara menekan tombol Ctrl + S (Windows) atau Command + S (Mac). Pilih format file yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

19. Selesai

Sekarang foto kamu sudah berhasil diubah menjadi anime tanpa menggunakan aplikasi. Kamu bisa mencoba mengedit foto yang lain dengan cara yang sama.

20. Kesimpulan

Mengedit foto menjadi anime tidak selalu harus menggunakan aplikasi. Dengan menggunakan Adobe Photoshop atau aplikasi editing foto lainnya, kamu bisa mengedit foto menjadi anime dengan mudah. Ikuti langkah-langkah di atas dengan seksama dan kamu akan mendapatkan hasil yang memuaskan.

/* */
error: Content is protected !!