Cerita di Balik Pembuatan A Space for the Unbound

Diposting pada

A Space for the Unbound adalah game indie yang diciptakan oleh Mojiken Studio dan diterbitkan oleh Toge Productions. Game ini menceritakan kisah sepasang saudara kembar bernama Atma dan Raya yang hidup di sebuah desa di Indonesia pada tahun 90an. Mereka memiliki kemampuan untuk memasuki dunia mimpi dan menjelajahi alam bawah sadar. Cerita di balik pembuatan game ini begitu menarik karena terinspirasi dari kisah nyata.

Awal Mula Ide Pembuatan Game

Tim Mojiken Studio mulai mengembangkan ide untuk game A Space for the Unbound pada tahun 2017. Ide awalnya muncul dari pengalaman pribadi sang pencipta game, Dimas Novan Delfiano, yang pernah memiliki mimpi indah dan berwarna-warni ketika masih kecil. Hal tersebut menjadi inspirasi untuk membangun dunia mimpi yang indah dan menawan dalam game.

Penelitian

Sebelum memulai pembuatan game ini, tim Mojiken Studio melakukan riset dan penelitian mengenai desa-desa di Indonesia pada tahun 90an. Mereka mempelajari tentang kehidupan sehari-hari masyarakat, budaya, serta kepercayaan yang ada di desa tersebut. Hal tersebut dilakukan agar game ini memiliki nuansa yang autentik dan bisa mengenalkan budaya Indonesia kepada pemain dari berbagai belahan dunia.

Proses Pengembangan Game

Pada awalnya, game A Space for the Unbound direncanakan akan dirilis dalam satu episode saja. Namun, semakin berkembangnya ide dan konsep game, tim Mojiken Studio memutuskan untuk membaginya menjadi dua episode.

Proses pengembangan game memakan waktu sekitar 3 tahun. Tim Mojiken Studio terdiri dari 10 orang dan mereka bekerja secara mandiri tanpa adanya investor atau publisher. Mereka memutuskan untuk membiayai sendiri pengembangan game ini agar bisa bebas dalam mengekspresikan ide dan visi mereka.

Baca Juga :  Free Fire Diamond Generator: Cara Mendapatkan Diamond Gratis di Free Fire

Tantangan

Bekerja pada sebuah game indie memang tidak mudah. Tim Mojiken Studio menghadapi banyak tantangan dalam proses pengembangan game A Space for the Unbound. Salah satunya adalah masalah keuangan. Tanpa adanya investor atau publisher, mereka harus mengatur keuangan dengan baik agar bisa membiayai pengembangan game ini.

Selain itu, mereka juga harus menghadapi berbagai masalah teknis dalam pengembangan game. Salah satunya adalah masalah dalam mengintegrasikan fitur-fitur baru dalam game yang telah dibuat sebelumnya.

Keunikan Game

A Space for the Unbound memiliki keunikan tersendiri yang membuatnya berbeda dengan game indie lainnya. Pertama, game ini memiliki nuansa yang sangat kental dengan budaya Indonesia. Pemain bisa merasakan suasana desa Indonesia pada tahun 90an melalui game ini.

Kedua, game ini memiliki gameplay yang unik. Pemain bisa memasuki dunia mimpi Atma dan Raya dan menjelajahi alam bawah sadar. Mereka bisa menemukan berbagai hal menarik dan bermanfaat dalam dunia mimpi tersebut.

Penerimaan dari Pemain

Setelah dirilis pada 15 Juli 2021, game A Space for the Unbound mendapatkan respon yang sangat positif dari para pemain di seluruh dunia. Mereka sangat terkesan dengan cerita yang disajikan dalam game ini serta nuansa yang autentik dari budaya Indonesia yang terasa dalam game.

Kesimpulan

A Space for the Unbound adalah game indie yang sangat unik dan menarik. Cerita di balik pembuatan game ini begitu inspiratif karena terinspirasi dari kisah nyata. Proses pengembangannya memakan waktu yang cukup lama dan penuh tantangan, namun hasilnya sangat memuaskan. Game ini berhasil mengenalkan budaya Indonesia kepada pemain dari berbagai belahan dunia.

Baca Juga :  Arti Mythic: Mitos dan Legenda di Indonesia