Cara Main Bekel: Panduan Lengkap Bermain Bekel

Bekel adalah salah satu permainan tradisional Indonesia yang cukup populer. Permainan ini biasanya dimainkan oleh anak-anak di lingkungan sekitar. Bekel bisa dimainkan secara individu atau berkelompok. Nah, bagi kamu yang masih belum tahu cara main bekel, berikut ini adalah panduan lengkapnya.

Persiapan Awal

Sebelum memulai permainan, ada beberapa persiapan yang harus kamu lakukan terlebih dahulu. Pertama, kamu perlu menyiapkan bekel yang terdiri dari lima biji kecil. Bekel bisa dibeli di toko mainan atau kamu bisa membuatnya sendiri dari bahan seperti kelereng atau plastisin. Kedua, kamu perlu menyiapkan lap atau alas tempat bermain. Kamu bisa menggunakan alas dari kain atau karton yang cukup lebar.

Cara Main Bekel

Setelah persiapan awal sudah dilakukan, kamu bisa langsung memulai permainan. Berikut ini adalah cara main bekel:

  1. Letakkan bekel di atas alas tempat bermain.
  2. Pemain harus melempar bekel ke udara dengan satu tangan, lalu menangkapnya dengan tangan yang sama.
  3. Selagi bekel masih di udara, pemain harus memilih satu bekel yang lain untuk diambil. Bekel yang diambil harus diambil sebelum pemain menangkap bekel yang dilemparkan tadi.
  4. Setelah itu, pemain harus melempar bekel yang sudah diambil ke udara dan menangkapnya dengan satu tangan.
  5. Selagi bekel masih di udara, pemain harus memilih satu bekel yang lain untuk diambil. Bekel yang diambil harus diambil sebelum pemain menangkap bekel yang dilemparkan tadi.
  6. Proses ini terus diulang hingga semua bekel sudah diambil.

Poin dalam Permainan Bekel

Dalam permainan bekel, setiap pemain mendapatkan poin berdasarkan jumlah bekel yang berhasil diambil. Berikut ini adalah poin dalam permainan bekel:

  • 1 bekel = 1 poin
  • 2 bekel = 3 poin
  • 3 bekel = 6 poin
  • 4 bekel = 10 poin
  • 5 bekel = 15 poin
Baca Juga :  Skin ML Terbaru: Solusi untuk Kulit Wajah yang Sehat dan Cantik

Variasi Permainan Bekel

Bekel juga memiliki beberapa variasi permainan yang bisa kamu coba. Berikut ini adalah beberapa variasi permainan bekel:

  • Bekel Berpasangan: Dalam permainan ini, pemain harus berpasangan dan saling melempar bekel ke udara. Bekel yang berhasil ditangkap oleh pasangan akan mendapatkan poin.
  • Bekel Berkelompok: Dalam permainan ini, pemain dibagi menjadi beberapa kelompok dan saling bermain antar kelompok. Kelompok yang berhasil mengumpulkan poin terbanyak akan menjadi pemenang.
  • Bekel Terbalik: Dalam permainan ini, pemain harus melempar bekel ke atas dan menangkapnya dengan tangan terbalik.

Teknik Bermain Bekel

Untuk bisa berhasil bermain bekel dengan baik, kamu perlu menguasai beberapa teknik bermain. Berikut ini adalah teknik bermain bekel yang bisa kamu coba:

  • Teknik Mengambil Bekel: Pemain harus mengambil bekel dengan cepat dan tepat sebelum bekel yang dilempar tadi ditangkap.
  • Teknik Melempar Bekel: Pemain harus melempar bekel dengan tepat dan cukup keras agar bekel bisa terlempar ke atas dengan baik.
  • Teknik Menangkap Bekel: Pemain harus menangkap bekel dengan tangan yang tepat dan cukup cepat agar bekel tidak jatuh ke lantai.

Manfaat Bermain Bekel

Bermain bekel tidak hanya menyenangkan, tetapi juga memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan fisik dan mental. Berikut ini adalah beberapa manfaat bermain bekel:

  • Meningkatkan koordinasi mata dan tangan
  • Meningkatkan konsentrasi dan fokus
  • Meningkatkan keterampilan motorik halus
  • Meningkatkan kemampuan memecahkan masalah

Kesimpulan

Bekel adalah permainan tradisional Indonesia yang masih populer hingga saat ini. Permainan ini tidak hanya menyenangkan, tetapi juga memiliki manfaat untuk kesehatan fisik dan mental. Dengan mengikuti panduan lengkap cara main bekel di atas, kamu bisa dengan mudah memulai permainan dan menikmati serunya bermain bekel.

/* */
error: Content is protected !!