Ibukota Provinsi Riau TTS: Kenali Kota Terbesar di Riau!

Diposting pada

Jika Anda sedang berada di Provinsi Riau, pastinya Anda tidak boleh melewatkan untuk mengunjungi Ibukota Provinsi Riau TTS. Kota ini merupakan kota terbesar di Provinsi Riau dan memiliki banyak tempat wisata menarik yang patut untuk dikunjungi. Selain tempat wisata, Ibukota Provinsi Riau TTS juga menjadi pusat pemerintahan dan bisnis di Provinsi Riau.

Sejarah Ibukota Provinsi Riau TTS

Ibukota Provinsi Riau TTS yang sekarang ini merupakan hasil penggabungan dari tiga kota, yaitu Tanjungpinang, Tanjungbalai, dan Selatpanjang. Penggabungan ini dilakukan pada tanggal 26 Oktober 2002 sesuai dengan Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2002 tentang Pembentukan Kabupaten Kepulauan Meranti, dan Kota Tangerang Selatan di Provinsi Banten. Sejak saat itu, Ibukota Provinsi Riau TTS terus berkembang dan menjadi kota terbesar di Provinsi Riau.

Tempat Wisata di Ibukota Provinsi Riau TTS

Bagi Anda yang suka travelling, Ibukota Provinsi Riau TTS menawarkan banyak tempat wisata menarik yang patut untuk dikunjungi. Berikut ini adalah beberapa tempat wisata yang bisa Anda kunjungi di kota ini:

1. Pulau Penyengat

Pulau Penyengat adalah sebuah pulau kecil yang terletak di Selat Riau. Pulau ini memiliki sejarah yang sangat panjang dan menarik. Dahulu kala, pulau ini merupakan pusat pemerintahan Kesultanan Riau-Lingga. Di pulau ini Anda bisa melihat berbagai peninggalan sejarah seperti Masjid Raya Sultan Riau, Istana Sri Raja, dan Makam Raja-Raja Kesultanan Riau-Lingga.

2. Taman Wisata Alam Mayang

Taman Wisata Alam Mayang adalah sebuah taman wisata yang terletak di kawasan hutan lindung Bukit Batu, sekitar 20 kilometer dari pusat kota. Di taman ini Anda bisa melakukan aktivitas seperti outbond, memancing, dan berkemah. Selain itu, Anda juga bisa menikmati keindahan alam yang masih asri.

Baca Juga :  Kalau Hitam Dibilang Bersih: Apa yang Terjadi pada Stigma Warna Kulit?

3. Pantai Pasir Panjang

Pantai Pasir Panjang adalah sebuah pantai yang terletak di kawasan Tanjungpinang. Pantai ini memiliki pasir yang putih dan air laut yang jernih. Di pantai ini Anda bisa bermain air, berjemur, atau sekedar menikmati keindahan alam.

Pusat Pemerintahan dan Bisnis di Provinsi Riau

Selain sebagai tempat wisata, Ibukota Provinsi Riau TTS juga merupakan pusat pemerintahan dan bisnis di Provinsi Riau. Di kota ini terdapat kantor gubernur, kantor DPRD Provinsi Riau, dan kantor-kantor lainnya yang terkait dengan pemerintahan. Selain itu, kota ini juga menjadi pusat bisnis di Provinsi Riau dengan adanya berbagai perusahaan besar yang beroperasi di kota ini.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, Ibukota Provinsi Riau TTS merupakan kota yang sangat menarik untuk dikunjungi. Di kota ini Anda bisa menemukan banyak tempat wisata menarik dan juga menjadi pusat pemerintahan dan bisnis di Provinsi Riau. Jadi, tidak ada salahnya jika Anda mengunjungi kota ini saat berada di Provinsi Riau.